Find Us On Social Media :

Panel Surya Terbesar di Dunia Telah Beroperasi di Maroko

By Lila Nathania, Senin, 8 Februari 2016 | 10:00 WIB

Panel Surya Terbesar di Dunia Telah Beroperasi di Maroko

Intisari-Online.com – Teknologi saat ini telah membuat energi yang dulunya tak terbarukan menjadi lebih ramah lingkungan. Baru-baru ini panel surya terbesar di dunida telah beroperasi di Maroko.

Panel surya terbesar di dunia baru saja dioperasikan di Maroko. Keseluruhan area ini bila digabung lebih luas dari wilayah ibukota Maroko, Rabat. Panel surya ini diharapkan bisa menghasilkan listrik untuk seluruh negara Maroko sehingga mereka tak memerlukan sumber listrik lainnya. Jika bisa memproduksi lebih, Maroko berencana untuk memberikan sisa listrik itu ke Eropa.

Panel surya terbesar ini berada di dekat Kota Ouarzazate yang berada di pusat negara Maroko. Teknologi panel surya ini menggunakan cermin yang bisa mendeteksi pergerakan matahari dan berkonsentrasi pada sinar surya untuk memanaskan minyak yang ada di pipa. Minyak panas ini berfugsi menghasilkan uap untuk menghidupkan turbin yang pada akhirnya menghasilkan listrik.

Kelebihan sistem ini adalah energi listrik bisa disimpang dan dipakai bahkan setelah matahari sudah tidak ada. Saat ini memang keseluruhan panel surya yang sangat besar itu belum semuanya diaktifkan. Baru ada satu bagian bernama Noor 1 yang sudah aktif beroperasi.

Ketika semua panel surya sudah diaktifkan pada 2018, diharapkan akan ada 560 megawatt listrik yang bisa dihasilkan. Panel surya ini akan diaktifkan selama 20 jam sehari dan memiliki luas total 24,3 kilometer kubik.

(iflscience.com)