Find Us On Social Media :

Ikan Aneh yang Berkaki ini Membuat Heboh Penduduk New Zealand

By Lila Nathania, Sabtu, 13 Februari 2016 | 11:00 WIB

Ikan Aneh yang Berkaki ini Membuat Heboh Penduduk New Zealand

Intisari-Online.com – Sebagian besar ikan tentu tidak memiliki kaki. Tak heran, saat ditemukan ikan aneh yang berkaki ini membuat heboh penduduk New Zealand.

Belum lama ini penduduk Bay of Island, New Zealand, dibuat heboh dengan penemuan ikan aneh yang berwarna hitam, berduri, dan memiliki dua kaki. Dua kaki yang sebenarnya merupakan sirip itu bahkan digunakan untuk berjalan di dasar laut.

Penemu ikan ini adalah Claudia Howse, Glenys Howse, dan James Beuvink. Mereka menemukan ikan yang sudah mati itu saat sedang berjalan-jalan di teluk Bay of Island. Mereka melihat ikan hitam itu di tumpukan rumput laut dan membawanya ke Museum of New Zealand Te Papa Tongarewa untuk diselidiki.

Pihak museum sendiri berkata bahwa ikan itu sebenarnya merupakan jenis Antennarius striatus atau anglerfish. Yang membuat ikan ini unik adalah anglerfish biasanya memiliki pola garis dalam tubuhnya. Namun ikan ini jadi sulit untuk diidentifikasi sebab warnanya hitam total.

Anglerfish sendiri biasanya memang ‘berjalan’ di dasar laut untuk mencari mangsa. Ia menggunakan siripnya yang unik tersebut untuk melakukan navigasi dan mencari makan. Menurut para peneliti, ikan ini mempunyai gigitan tercepat di antara vertebrata lainnya. Mulut mereka bisa menggigit dengan kecepatan peluru 0,22 di dalam air yang 800 kali lebih padat dari udara. Dengan adanya penemuan spesimen baru ini peneliti berharap bisa lebih memahami ikan berkaki tersebut.

(mongabay.co.id)