Find Us On Social Media :

Fakta Gerhana Matahari Total yang Belum Kamu Ketahui

By Lila Nathania, Rabu, 9 Maret 2016 | 08:00 WIB

Fakta Gerhana Matahari Total yang Belum Kamu Ketahui

Intisari-Online.com - Tahun ini Indonesia menjadi tempat yang sangat spesial sebab merupakan loaksi daratan satu-satunya yang dilewati oleh fenomena gerhana matahari total. Inilah fakta gerhana matahari total yang belum kamu ketahui.

Gerhana matahari total terjadi dalam lima fase. Pada fase pertama bayangan bulan mulai terlihat di depan bentukbulat matahari. Bentuk matahari akan terlihat seperti hilang sebagian karena mulai tertutupi oleh bulan. Di fase kedua sebagian besar bagian matahari sudah tertutupi oleh bulan.

Nah, pada tahap ketiga seluruh bagian matahari sudah tertutupi oleh bulan. Pada saat gerhana matahari total terjadi, langit akan gelap, temperatur turun secara drastis, dan hewan-hewan biasanya terdiam selama beberapa saat. Dua fase terakhir adalah saat bulan mulai bergeser dan menghilang dari depan matahari.

Walau gerhana tampak seperti fenomena yang tidak berbahaya, jangan pernah melihat dengan mata telanjang. Gerhana matahari sama saja dengan matahari. Jadi, kita tak pernah boleh melihat langsung ke matahari tanpa alat bantu apapun. 

Sinar ultraviolet dari matahari bisa membakar retina dan menyebabkan kebutaan total pada manusia. Gunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari untuk menyaksikan fenomena langka ini dengan aman.

Itulah fakta gerhana matahari total yang belum kamu ketahui. Bila Anda tak bisa melihat sendiri fenomena langka tersebut, jangan kecewa karena pasti akan ada kumpulan foto gerhana yang tersebar di Internet.

(timeanddate.com)