Find Us On Social Media :

Mengapa Anjing Memiringkan Kepalanya ketika Kita Bicara pada Mereka?

By Lila Nathania, Sabtu, 12 Maret 2016 | 14:30 WIB

Mengapa Anjing Memiringkan Kepalanya ketika Kita Bicara pada Mereka?

Intisari-Online.com – Semua orang yang memelihara anjing tentu tahu bahwa hewan ini suka memiringkan kepalanya saat diajak bicara. Nah, mengapa anjing memiringkan kepalanya ketika kita bicara pada mereka?

Anjing adalah hewan yang sejak dulu terkenal akan kecerdasan emosinya. Mereka memiliki kemampuan yang unik untuk memahami bahasa tubuh dan nada bicara manusia. Anjing bahkan mengerti bahwa kata-kata tertentu memiliki asosiasi dengan aktivitas yang mereka sukai. Tak hanya bahasa tubuh, mereka juga bisa membaca mimik wajah manusia untuk mengetahui kondisi emosi kita.

Menurut Stanley Coren, peneliti dari survey yang dilakukan oleh Psychology Today, anjing memiringkan kepalanya agar bisa melihat wajah kita dengan lebih baik. Anjing tentu berada pada posisi yang lebih rendah dari wajah manusia sehingga mereka suka memiringkan kepalanya untuk bisa melihat wajah tuannya dengan lebih baik.

Lucunya, hal ini terbukti secara ilmiah karena menurut survey hanya anjing-anjing bermoncong panjang saja yang suka melakukan kebiasaan ini. Anjing yang moncongnya pendek hanya 52% saja yang memiringkan kepalanya saat diajak omong. Sedangkan anjing bermoncong panjang 71% memiringkan kepalanya saat diajak bicara.

Menurut Coren, anjing yang bermoncong pendek memang tak perlu memiringkan kepala untuk melihat ekspresi wajah orang. Sendangkan anjing bermoncong panjang harus memiringkan kepala agar pandangannya tidak terganggun oleh moncong yang panjang saat hendak melihat mimik tuannya.

(iflscience.com)