Find Us On Social Media :

Awas, Susu Sapi Ternyata tak Baik untuk Kesehatan

By Lila Nathania, Minggu, 13 Maret 2016 | 10:00 WIB

Awas, Susu Sapi Ternyata tak Baik untuk Kesehatan

Intisari-Online.com – Sudah berapa lama kita dicekoki dengan pemahaman yang salah bahwa susu sapi baik untuk balita dan anak-anak? Awas, susu sapi ternyata tak baik untuk kesehatan.

Anda tentu setuju bahwa susu sapi diproduksi untuk anak sapi, bukan manusia. Susu sapi adalah minuman yang sangat bagus dan sempurna untuk anak sapi pada tahun pertama mereka sejak dilahirkan. Susu sapi jelas memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh anak sapi, bukan anak manusia.

Bagi manusia, susu sapi memiliki kadar lemak yang tinggi, kolesterol, dan kalori berlebih. Semua hal itu tidak dibutuhkan oleh anak manusia. Anehnya lagi, manusia masih meminum susu bahkan setelah usianya lebih dari lima tahun. Spesies apa yang masih minum susu ketika sudah bukan bayi lagi?

Bila selama ini Anda diberi tahu bahwa susu sapi mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan untuk membuat tulang anak menjadi kuat, pernyataan ini sangat salah. Hingga hari ini tak ada satupun studi ilmiah yang menunjukkan bahwa konsumsi susu sapi dapat mengurangi risiko retak atau patah tulang.

Faktanya, negara-negara yang konsumsi susunya rendah seperti Asia dan Afrika justru memiliki angka rerata penyakit osteoporosis lebih rendah. Penyakit osteoporosis justru sering ditemui pada negara-negara dengan konsumsi susu sapi yang tinggi. Jadi, masihkah Anda percaya bahwa susu sapi baik untuk tulang dan kesehatan?

(theodysseyonline.com)