Find Us On Social Media :

Studi Membuktikan, Orang yang Kecanduan 'Smartphone' Cenderung Lebih Tidak Sabaran

By Eunike Iona Saptanti, Kamis, 24 Maret 2016 | 09:00 WIB

Studi Membuktikan, Orang yang Kecanduan 'Smartphone' Cenderung Lebih Tidak Sabaran

Intisari-Online.com - Gadget dan alat elektronik memainkan peranan penting dalam kehidupan kita. Namun, perangkat elektronik itu memiliki dampak kepada kesehatan dan perilaku. Sebuah penelitian menemukan, penggunaan smartphone yang terlalu sering akan berdampak pada sikap dan mental seseorang.

Sebuah penelitian dari jurnal Psychonomic Bulletin and Review oleh Dr. Henry Wilmer dan Dr. Jason Chein di Temple University membuktikan, alasan dari orang-orang selalu memeriksa gadgetnya adalah karena ketidaksabaran dengan respon yang ingin diterima.

Penelitian ini dilakukan kepada 91 mahasiswa. Mereka diberikan kuisioner yang berisi lama waktu yang dihabiskan untuk memeriksa ponsel untuk mengecek update-an sosial media, posting status, mempublikasikan gambar, atau hanya sekedar memeriksa saja.

Selain mengisi kuisoner, peneliti juga menguji kemampuan para mahasiswa untuk tidak memeriksa ponsel mereka. Para mahasiswa diberikan gratifikasi berupa penghargaan lebih dengan memberikan dua pilihan. Uang dengan jumlah yang sedikit namun diberikan secara segera, atau jumlah uang yang lebih besar namun diberikan di lain waktu.  

Para peserta juga dinilai kemampuannya dalam mengelola keinginan untuk memeriksa ponsel dan mengejar reward yang lebih besar.

Setelah pengujian dilakukan, hasilnya menunjukan bahwa orang yang kecanduan memeriksa ponselnya akan lebih sulit untuk bersabar menunda penghargaan yang akan diberikan.

“Kebiasan orang seperti memeriksa ponsel secara berkala, digerakkan oleh rangsangan yang tidak terkontrol, dan bukan karena ingin mengejar hadiah yang akan diberikan,” kata Wilmer. (techtimes