Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Ketagihan Membunyikan Buku Jari dan Bagaimana Cara Menghentikannya?

By Lila Nathania, Sabtu, 26 Maret 2016 | 11:30 WIB

Mengapa Kita Ketagihan Membunyikan Buku Jari dan Bagaimana Cara Menghentikannya?

Intisari-Online.com - Pasti banyak di antara kita yang suka membunyikan buku jari atau bahkan leher. Mengapa kita ketagihan membunyikan buku jari dan bagaimana cara menghentikannya?

Selain karena kebiasaan, ternyada ada alasan khusus mengapa kita suka membunyikan buku jari. Kebiasaan ini ternyata memang terbukti bisa melepaskan sejumlah tekanan di sendi kita. Setelah melakukan aktivitas seharian dan persendian menjadi kaku, maka membunyikan buku-buku jari ini bisa menimbulkan sensasi rileks yang menyenangkan.

Sama seperti saat orang menguap dan meregangkan badan, begitu juga perasaan lega dan rileks yang dialami seseorang setelah ia membunyikan buku-buku jari atau lehernya.

Para ahli juga menemukan fakta unik bahwa kebiasaan ini ternyata memang memiliki efek ketagihan. Orang yang sudah terbiasa membunyikan buku jarinya akan merasa aneh bila belum melakukan ritual ini. Mendengar bunyi buku jari dan merasakan sendiri bagaimana rileksnya tangan atau leher setelah melakukan kebiasaan ini biasa membuat orang jadi ketagihan.

Cara berhenti dari kebiasaan ini sebenarnya tak sulit. Anda bisa melakukan peregangan pada tangan, jari, dan leher. Setiap satu atau dua jam, coba regangkan dan tarik bagian-bagian tubuh yang biasa Anda bunyikan. Dengan cara ini bagian tubuh Anda tidak akan cepat pegal dan dorongan untuk membunyikan buku jari jadi lebih jarang muncul. Anda sendiri tak perlu berhenti total membunyikan buku jari. Bila sesekali Anda masih tergoda untuk membunyikan leher atau jari, hal itu sama sekali bukan masalah.

(yahoo.com)