Find Us On Social Media :

Astronom Temukan Planet dengan Tiga Matahari

By Agra Winona, Senin, 4 April 2016 | 08:29 WIB

Astronom Temukan Planet dengan Tiga Matahari

Intisari-Online.com - Astronom baru saja menemukan planet yang berukuran hampir sama dengan Jupiter, bedanya planet ini memiliki tiga matahari. Planet ini disebut-sebut mirip dengan planet Tatooine di film Star Wars yang punya dua matahari.

Planet yang dinama KELT-4AB ini mengorbit satu bintang, dan diorbiti oleh dua lainnya dan merupakan planet keempat yang memiliki sistem tiga bintang. Planet ini diemukan oleh tim yang bekerja di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics dan hasil dokumentasi dari penemuan planet ini kemudian dipublikasikan dalam The Astronomical Journal.

Dikenal dengan nama Hot Jupiter, planet gas, atau planet terbuat dari hidrogen dan helium dan tidak memiliki permukaan yang padat ini berada sangat dekat dengan bintang utamanya, atau yang dikenal dengan nama KELT-A. Dibutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk KELT-4AB ini mengorbit bintang utamanya. Sementara bintang kedua dan ketiga (KELT-B dan C) berada lebih jauh dan mengorbit satu sama lain. Tim ini mengestimasikan bahwa dua bintang tersebut membutuhkan waktu sekitar 4000 tahun untuk mengorbit KELT-A.

Jika kita berada di planet KELT-4AB, matahari atau bintang KELT-A akan tampak empat puluh kali lebih besar dari matahari jika kita melihatnya di bumi, sementara dua lainnya akan terlihat seukuran dengan bulan.

Para astronom ini percaya, mempelajari sistem ini akan membantu mereka kenapa planet gas bisa berada sangat dekat dengan bintang utamanya. (Mirror.co.uk)