Find Us On Social Media :

Melihat Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dari Antariksa

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 8 April 2016 | 10:30 WIB

Melihat Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dari Antariksa

Intisari-Online.com - Baru saja Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto Indonesia yang dipotret dari stasiun luar angkasa mereka, ISS. Dari foto itu kita bisa melihat Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dari antariksa, dan luar angkasa.

Foto yang diambil dari jarak 1.600 kilometer dari permukaan Bumi itu menunjukkan wajah Jawa, Bali, Lombok, Sumba, Timor, serta enam gunung, di antaranya Rinjani, Kelud, Semeru, dan Lawu. Dalam rilisnya pada Minggu, NASA menyatakan bahwa foto itu diambil pada 25 Oktober 2015 oleh kru Ekspedisi 45 di ISS yang dikomando oleh astronot Scott Kelly.

Untuk diketahui, para astronot mengambil foto tersebut saat cuaca di Jawa dan wilayah lain di timurnya cerah, sementara Sumatera tengah dilanda bencana kebakaran hutan. Di bagian timur Jawa, tampak wilayah yang sangat terang karena paling merefleksikan cahaya matahari. Wilayah itu adalah Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia.

Tak hanya itu, dalam foto tersebut, enam gunung yang terpotret tampak aktif. Lihat "uap" yang keluar dari gunung itu. Gunung-gunung itu menjadi tulang punggung kepulauan Indonesia yang terbentuk dari benturan antara lempeng Australia dan Asia.

Di luar keindahannya, foto yang memotret gunung-gunung yang aktif itu menunjukkan bahwa negeri kita adalah negeri yang rawan bencana. Sudah seharusnya kita membangun kewaspadaan. Beginilah wujud Indonesia, tepatnya Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, jika dilihat dari luang angkasa.