Find Us On Social Media :

Lendir Ikan Ini Dapat Membantu Ilmuwan Dalam Menemukan Bahan Perekat yang Sangat Kuat

By Bramantyo Indirawan, Senin, 18 April 2016 | 14:45 WIB

Lendir Ikan Ini Dapat Membantu Ilmuwan Dalam Menemukan Bahan Perekat yang Sangat Kuat

Intisari-Online.com – Hagfish adalah ikan yang menggunakan lendir sebagai cara untuk melindungi diri mereka dari para pemangsa. Ikan yang telah bertahan selama 300 juta tahun tersebut mendapat perhatian lebih dari para peneliti dari ETH Zurich. Mereka sedang melakukan penelitian untuk memanfaatkan lendir tersebut sehingga dapat digunakan oleh manusia.

Lendir yang dihasilkan hagfish menjadi perlindungan yang luar biasa melalui pembentukan cairan semacam gel dalam hitungan detik. Lendir tersebut dikeluarkan melalui pori-pori dan tercampur dengan air laut dengan fungsi untuk mencekik para pemangsa sehingga hagfish dapat melarikan diri.

Eksperimen telah dilakukan dan peneliti mengatakan bahwa bahan kandungannya memiliki kemiripan dengan jaring laba-laba. Sangat kuat serta elastis saat basah dan gabungan cairan semacam ingus yang dinamakan mucin ikut terkandung sehingga membuat cairan tersebut berlendir. Para ilmuwan mengatakan bahwa lendir hewan tersebut hampir 100 persen terdiri dari air dan hanya 0.004 persen berupa zat penghasil gel.

Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan mencoba untuk meniru gel dari hagfish untuk menciptakan super hydrogels, sebuah cairan perekat yang memiliki bahan dasar air. Walaupun dibutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut, para peneliti mengatakan bahwa lendir mereka dapat menciptakan material perekat yang sangat kuat dan dapat dimanfaatkan pada berbagai barang seperti plester dan popok bayi.

(natureworldnews.com)