Find Us On Social Media :

Hujan Meteor Bukan Penyebab Kepunahan Dinosaurus?

By Agra Winona, Kamis, 21 April 2016 | 07:30 WIB

Hujan Meteor Bukan Penyebab Kepunahan Dinosaurus?

Intisari-Online.com – Selama ini diketahui bahwa penyebab punahnya dinosaurus adalah karena hujan meteor yang terjadi 66 juta tahun yang lalu. Namun penelitian terbaru mengatakan bahwa kenyataannya, sebelum terjadinya hujan meteor pun, sudah lebih banyak spesies dinosaurus yang punah dibandingkan munculnya spesies dinosaurus baru.

Bisa dibilang jika sebelum terjadinya hujan meteor pun dinosaurus sudah menjelang kepunahan. Bahkan diperkirakan kepunahan ini terjadi sejak 50 juta tahun sebelum terjadinya hujan meteor.

Sampai saat ini, kebanyakan ahli mengatakan bahwa dinosaurus bertumbuh dengan baik sebelum bencana hujan meteor. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Dinosaurus pemakan tumbuhan seperti Diplodocus merupakan spesies yang paling pertama punah, sementara dinosaurus pemakan daging seperti Tyrannosaurus rex punah lebih lambat. Temuan ini didasarkan pada analisis statistik dan bukti fosil. Dan dipercaya bahwa hujan meteor hanya "menghabisi" sisa dinosaurus yang sebenarnya pada saat itu sudah langka. Dr Manabu Sakamoto, dari University of Reading mengatakan, walaupun asteroid menjadi faktor kepunahan, namun jelas bahwa sebelumnya pun dinosaurus sudah memasuki kepunahan, dan ada faktor lain yang menyebabkan kepunahan ini.(Mirror.co.uk)