Find Us On Social Media :

Mengapa Angka '0' Ada dan Apakah Gunanya?

By Lila Nathania, Sabtu, 30 April 2016 | 14:00 WIB

Mengapa Angka '0' Ada dan Apakah Gunanya?

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa angka tidak dimulai saja langsung dari angka 1? Mengapa angka 0 ada dan apakah gunanya?

Nol adalah angka yang sangat unik dan kontroversial. Manusia perlu menghitung dan melakukan penelitian matematika hingga di abad ketujuh baru bisa menemukan angka nol tersebut. Sebelumnya, angka nol dianggap tidak ada.

Logika orang di zaman dulu mengatakan bagaimana kita bisa membuat angka yang bahkan tidak berarti apa-apa? Bagaimana bisa kita menggambarkan jumlah ketika jumlahnya adalah tidak ada?

Untunglah para pakar segera menyadari bahwa angka nol adalah bilangan yang sangat penting. Keberadaan angka nol sendiri pertama kali ditemukan pada kebudayaan Indian kuno. Mereka memiliki sistem numerik yang menggambarkan angka 0 dengan simbol tersendiri. Sejak saat itu, angka nol sudah dieksplorasi secara lebih mendalam dalam ilmu matematika.

Dulunya, angka nol hanya digunakan secara praktis untuk menghitung. Angka nol hanya dipakai saat sebuah nilai tidak ada alias kosong. Waktu itu, posisi nol sebagai angka masih dipertanyakan karena ia tidak menggambarkan sebuah jumlah.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, ahli matematika mulai memahami bahwa nol adalah angka yang sangat penting. Di zaman modern ini angka nol juga memiliki peran yang sangat penting karena ia digunakan dalam bahasa biner yang menjadi dasar otak setiap komputer kita. Jadi, angka nol memang benar-benar berguna.

(iflscience.com)