Find Us On Social Media :

Wah, Dinosaurus Ini Selama Bertahun-Tahun Salah Diidentifikasi

By Lila Nathania, Sabtu, 30 April 2016 | 13:30 WIB

Wah, Dinosaurus Ini Selama Bertahun-Tahun Salah Diidentifikasi

Intisari-Online.com - Untuk menemukan spesies dinosaurus baru ternyata Kita tak harus turun ke lapangan dan melakukan penggalian. Salah satu kasusnya adalah berikut ini. Wah, dinosaurus ini selama bertahun-tahun salah diidentifikasi dan dianggap sebagai spesies lainnya.

Sebuah spesimen fosil dinosaurus di Royal Tyrrel Museum Alberta, Kanada, baru-baru ini diselidiki ulang dan hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata dinosaurus tersebut telah salah diidentifikasi dan dianggap sebagai spesies lain selama beberapa dekade.

Setelah diteliti dengan lebih cermat, dinosaurus ini dimasukkan dalam keluarga spesies dinosaurus Raptor. Karena dianggap berhasil 'menyamar' dari mata peneliti selama berpuluh-puluh tahun, dinosaurus ini diberi nama latin Apatoraptor pennatus yang berarti 'pencuri berbulu yang pintar menipu'.

Si 'tukang tipu' ini dulunya dianggap oleh para peneliti sebagai Ornithomimid, sejenis dinosaurus yang berbentuk seperti burung unta. Spesies ini masih berada dalam satu grup yang dianggap sebagai nenek moyang dari burung modern yang hidup di saat ini.

Namun usai diteliti lebih lanjut, peneliti sekarang yakin bahwa dinosaurus ini masuk dalam keluarga raptor. Ia memiliki paruh yang seperti burung kakaktua, leher panjang, ekor pendek, dan bulu. Jadi dinosaurus ini berada dalam keluarga Caenagnathidae alias dinosaurus yang seperti burung. Para peneliti berkata penemuan spesies baru ini akan membuka jalan yang lebih besar akan pemahaman tentang spesies dinosaurus.

(iflscience.com)