Find Us On Social Media :

Ilmuwan: Bekerja dan Sekolah Sebelum Pukul 10 Pagi adalah Penyiksaan

By Lila Nathania, Minggu, 1 Mei 2016 | 15:40 WIB

Ilmuwan: Bekerja dan Sekolah Sebelum Pukul 10 Pagi adalah Penyiksaan

Intisari-Online.com – Kabar gembira ini mungkin perlu diketahui oleh semua sekolah dan perusahaan. Ilmuwan Oxford menyatakan bahwa bekerja dan sekolah sebelum pukul 10 pagi adalah penyiksaan.

Dr. Paul Kelley, seorang ilmuwan terkenal asal Oxford University’s Sleep and Circadian Neuroscience Institute sekaligus pakar tentang tidur, telah mengeluarkan pernyataan yang menggembirakan untuk semua siswa dan pekerja. Ia berkata bahwa memaksa orang dewasa ataupun remaja untuk mulai bekerja sebelum jam 10 pagi adalah penyiksaan. Hal ini membuat badan selalu merasa lelah dan stress gegara kekurangan waktu tidur.

Hasil penelitian ini diharapkan Kelley bisa membuat perusahaan dan sekolah mengubah waktu efektif mereka. Selama ini, kebanyakan sekolah dan kantor di Inggris dimulai pada pukul 9 pagi. Kelley menjelaskan bahwa sebagian besar siswa di Inggris kekurangan waktu tidur hingga 10 jam seminggu karena diminta untuk bangun terlalu pagi.

Penelitian membuktikan bahwa mengubah jam masuk sekolah dari jam 8.30 menjadi 10 membuat nilai pelajaran siswa naik hingga 19%. Semakin tua usia seseorang, makin siang pula waktu masuk sekolah atau kerja yang seharusnya diterapkan.

Kelley menjelaskan bahwa tubuh memiliki jam yang tak bisa dibuah. Jika jam belajar dan jam kerja bisa disesuaikan dengan jam tubuh manusia, maka hasilnya adalah orang-orang bisa berpikir dan berkarya dengan lebih efektif. 

(anonhq.com)