Find Us On Social Media :

Mirip Sperma Manusia, Sperma Buaya Diteliti Mendalam

By Ade Sulaeman, Minggu, 8 Mei 2016 | 15:20 WIB

Mirip Sperma Manusia, Sperma Buaya Diteliti Mendalam

Intisari-Online.com - Penelitian terbaru menemukan bahwa sperma buaya memiliki kemiripan dengan sperma manusia.

Temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Royal Society Proceedings B dan diharapkan dapat membantu mencari penyebab ketidaksuburan pada pria.

"Kami menggunakan buaya sebagai model untuk memahami fungsi sperma pada tingkat dasar, dan melihat apakah kita dapat menerapkan pada manusia untuk bisa membantu masalah ketidaksuburan pada pria," kata Dr Brett Nixon, peneliti di University of Newcastle, Australia.

Penelitian ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas peternakan buaya komersial dan konservasi buaya.

Dalam kebanyakan kasus, ketidaksuburan atau infertilitas pria disebabkan oleh sperma yang rusak. Menurut Dr Nixon, satu dari 20 pria Australia mengalami ketidaksuburan.

"Terlihat normal, tapi sperma mereka tidak memiliki kemampuan untuk berenang sehingga sperma tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengenali telur dan membuahi," kata Dr Nixon.

"Sudah diketahui banyak bahwa sperma buaya mirip dengan burung di mana sperma yang keluar dari testis mampu membuahi dengan segera," kata Dr Nixon.

Tapi dalam penelitian sperma buaya air asin Australia, Dr Nixon dan rekan justru menemukan hal sebaliknya.

"Kami telah menemukan bahwa sperma tersebut mengalami perubahan fungsional setelah keluar dari testis," katanya.

Para tim peneliti mengumpulkan sperma dari buaya air asin di Australia. Sperma ini selanjutnya diinkubasi di berbagai kondisi yang menirukan saluran reproduksi wanita.

Mereka mengidentifikasi beberapa protein dalam sperma yang berfungsi untuk menggerakan dan membuahi.

Protein yang sama ini juga ditemukan dalam sperma manusia, dan inilah yang menjadi tujuan penelitian mengenai ketidaksuburan.