Find Us On Social Media :

1.284 Planet Alien Telah Dikonfirmasi Keberadaannya oleh NASA

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:00 WIB

1.284 Planet Alien Telah Dikonfirmasi Keberadaannya oleh NASA

Intisari-Online.com - Teleskop pemburu planet milik NASA, Kepler Space Telescope telah bekerja dengan sangat baik. Berka alat ini, sebanyak 1.284 planet alien telah dikonfirmasi keberadaannya. Untuk lebih jelasnya, laporan ini bisa kita baca di jurnal Astrophysical Journal yang terbit pada Selasa (10/5) kemarin.

Dalam kelompok baru planet alien itu, sebanyak 550 planet sebagai planet berbatu, dan sembilan di antaranya disebut layak huni—bisa mempertahankan air di permukaannya. Tak hanya ribuan planet alien, teleskpop juga menangkan lebih dari 2.000 benda asing lain yang sebelumnya tidak diketahui sama sekali.

“Kami melalukan sampling terhadap galaksi untuk memahami berapa banyak planet yang ada,” ujar ilmuwan Kepler Natalie Batalha. Menurutnya, mungkin ada puluhan milyar planet yang berpotensi bisa dihuni di Galaksi Bima Sakti.

Beginilah cara Kepler bekerja ketika memburu dan mengidentifikasi planet baru: 

Kepler menemukan planet-planet itu dengan metode transit. Artinya, teleskop dalam mendeteksi lobang kecil pada cahaya bintang yang disebabkan karena melintasnya planet pada bintang tersebut.  Setelah terdeteksi, ilmuwan kemudian memasukkannya sebagai “objek Kepler yang menarik” yang selanjutnya disahkan sebagai planet baru.