Find Us On Social Media :

Adakah Peristiwa Pengulangan yang Terkait Dengan Berhentinya Trem Sebagai Salah Satu Moda Transportasi Umum

By Afif Khoirul M, Jumat, 7 Juli 2023 | 10:10 WIB

Sejarah penggunaan Trem sebagai moda transportasi.

Intisari-online.com - Dalam soal IPS kelas X memuat soal dengan narasi sebagai berikut ini:

Adakah peristiwa pengulangan yang terkait dengan berhentinya trem sebagai salah satu moda transportasi umum apabila kalian hubungkan dengan kejadian pada masa kini terkait dengan nasib dari moda transportasi umum? Jelaskan sesuai dengan kondisi penggunaan moda transportasi umum di daerah kalian!

Jawaban:

Peristiwa pengulangan yang terkait dengan berhentinya trem sebagai salah satu moda transportasi umum dapat dilihat dari rencana pemerintah untuk mengembangkan trem otonom di Indonesia.

Trem otonom adalah moda transportasi publik yang menggabungkan karakteristik kereta (light rapid transit/LRT) dan bis (bus rapid transit/BRT) yang beroperasi tanpa masinis dan tanpa rel.

Trem otonom dianggap sebagai solusi transportasi yang ramah lingkungan, hemat energi, dan dapat mengurangi kemacetan.

Trem otonom dapat dikatakan sebagai bentuk pengulangan dari trem yang pernah beroperasi di Indonesia pada masa kolonial Belanda hingga era Presiden Sukarno.

Trem adalah alat transportasi berupa kereta kecil yang berada di jalan raya dan menggunakan rel.

Trem dihapus di era Presiden Sukarno karena dianggap tidak cocok sebagai transportasi di kota besar dan ada pula sentimen terhadap warisan Belanda.

Di daerah saya, yaitu Colomadu, Jawa Tengah, moda transportasi umum yang paling banyak digunakan adalah angkutan kota (angkot), ojek online, dan bus.

Saya belum pernah melihat trem otonom beroperasi di sini, tetapi saya tertarik untuk mencobanya jika ada kesempatan.

Saya berharap trem otonom dapat menjadi moda transportasi umum yang nyaman, aman, dan efisien bagi masyarakat Indonesia.