Find Us On Social Media :

Membuat Otak Bekerja Lebih Baik

By Alan Kusuma, Sabtu, 28 Mei 2016 | 08:30 WIB

Membuat Otak Bekerja Lebih Baik

Intisari-Online.com - Otak manusia pada dasarnya merupakan komputer biologis. Ia membutuhkan makanan dan oksigen. Otak juga membutuhkan latihan supaya bisa bekerja lebih baik. Ada beberapa cara membuat otak bekerja lebbih baik.

EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak. Riset menunjukan, minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan memori dan konsentrasi pada otak.

Teka-teki silang, Sudoku, atau yang lainnya dapat membuat otak kita tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika kita tidak berlatih secara reguler maka akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

Menurut sebuah artikel di New Scientist, mempelajari bahasa baru dapat mencegah sindrom dementia (kemunduran otak) sampai kurun empat tahun. Alasan pastinya memang belum diketahui, namun cara ini dipercaya memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

Tertawa ternyata mampu meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan.

Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting dari pada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).

Dengan relaksasi, otak dapat beristirahat sehinggal sel-sel darah merah yang memberi asupan oksigen keotak dapat berjalan dengan baik, sehingga otak tidak kekurangan oksigen