Find Us On Social Media :

Tiga Hewan dalam Foto ini adalah Spesies Mereka yang Terakhir di Alam Liar

By Lila Nathania, Minggu, 22 Mei 2016 | 10:00 WIB

Tiga Hewan dalam Foto ini adalah Spesies Mereka yang Terakhir di Alam Liar

Intisari-Online.com – Dari tahun ke tahun jumlah hewan yang berada di ambang kepunahan semakin banyak. Contohnya adalah tiga hewan dalam foto ini adalah spesies mereka yang terakhir di alam liar.

Dalam foto ini terlihat tiga spesies terakhir hewan Addax yang hidup di alam liar. Hewan yang terkenal akan tandur berulir ini dulunya merupakan pemandangan yang sangat umum di daerah Gurun Sahara. Sayang, zaman keemasan itu sudah berlalu dan mereka kini berada di ambang kepunahan.

Addax yang termasuk dalam jenis antelop gurun ini tak sampai 10 tahun yang lalu jumlahnya masih ratusan. Namun menurut peneliti jumlah mereka telah turun drastis hingga hanya tersisa tiga ekor saja di alam liar.

Hasil mengejutkan ini didapatkan dari laporan terbaru yang diumumkan oleh International Union for Conservation of Nature. Mereka telah melakukan survey di habitat Addax di Nigeria dan hanya menemukan tiga hewan ini saja.

Menurut para peneliti penyebab kepunahan Addax adalah industri minyak yang terus berkembang selama beberapa tahun terakhir. Industri minyak terus meluas dan menginvasi wilayah habitat Addax. Tanpa adanya regulasi khusus, Addax bisa dipastikan akan segera punah.

Walau peneliti berharap masih ada sejumlah Addax lain yang hidup di alam liar, namun populasi mereka terlampau kecil untuk bisa pulih seperti semua. Ironisnya, spesies Addax sendiri sebenarnya cukup banyak di dunia. Ada ratusan Addax yang hidup di Texas dan mereka dibesarkan untuk dibunuh sebagai bagian dari olahraga.

(thedodo.com)