Find Us On Social Media :

10 Spesies Terbaru yang Ditemukan Tahun 2016: Kura-kura Raksasa dan Homo naledi

By Agra Winona, Rabu, 25 Mei 2016 | 08:30 WIB

10 Spesies Terbaru yang Ditemukan Tahun 2016: Kura-kura Raksasa dan Homo naledi

Intisari-Online.com – Dalam setahun, peneliti bisa menemukan ribuan, bahkan sampai belasan ribu spesies baru di bumi. Malahan, menurut para peneliti, di bumi masih ada sepuluh juta spesies lain yang menunggu untuk ditemukan dan diidentifikasi, jumlah itu lima kali lipat lebih banyak dari jumlah spesies yang sudah ditemukan.

College of Environmental Science and Forestry (ESF) menentukan 10 spesies ini, sebagai spesies baru terbaik di tahun 2016:

1. Kura-kura raksasa, spesies baru yang ditemukan di Galapagos

Kura-kura dengan nama latin Chelonoidis donfaustoi ini berhasil masuk ke 10 spesies terbaik karena tidak ada binatang lain yang berhubungan lebih erat dengan evolusi ataupun Charles Darwin selain kura-kura raksasa Galapagos ini. Ada perbedaan kecil yang ditemukan antara spesies kura-kura raksasa yang ditemukan di bagian barat dan timur pulau Santa Cruz, dan diasumsikan sebagai variasi genetik dari spesies C. porter yang sudah ditemukan sebelumnya.

Spesies baru kura-kura raksasa ini diberi nama berdasarkan salah satu penjaga taman yang bernama Don Fausto yang sudah bekerja selama 43 tahun untuk menjaga kura-kura raksasa Galapagos.

2. Sundew Raksasa, tumbuhan karnivora yang ditemukan melalui Facebook

Tumbuhan karnivora ini ditemuakn di Brazil, dan dipercaya merupakan tumbuhan pertama yang ditemukan melalui sebuah foto yang diunggah di Facebook. Sundew yang memiliki nama latin Drosera Magnifica ini juga merupakan sundew terbesar yang pernah ditemukan, dengan ukuran mencapai 123 cm.

Walaupun baru ditemukan, tumbuhan ini merupakan tumbuhan langka. Sundew jenis ini hanya ditemukan di puncak gunung di Brazil pada ketinggian 1.550 mdpl.

3. Manusia Purba Homo naledi

Fosil Homo naledi yang ditemukan di Afrika Selatan ini memiliki ukuran tinggi dan berat, dan bentuk tangan dan kaki yang mirip dengan manusia modern, namun, manusia purba ini justru memiliki ukuran kepala, pundak dan rusuk yang lebih mirip dengan manusia purba yang hidup dua juta sampai empat juta tahun yang lalu.

4. Serangga Isopoda

Isopoda, spesies baru serangga laut yang memiliki nama Latin Iuiuniscus iuiuensis merupakan serangga yang tidak berpigmen, berkaki banyak, buta dan juga amfibi. Isopoda ini ditemukan di gua di Amerika Selatan, dengan perilaku yag belum pernah ditemukan di spesies sejenisnya. Jenis isopoda berukuran hanya sembilan millimeter ini membangun sarangnya dari lumpur.

5. Ikan Lentera Lasiognathus dinema Ditemukan di Teluk Meksiko, ikan lentera berukuran 50 mm ini bisa dibilagng spesies baru dengan wajah pling jelek. Spesies ini ditemukan saat National Oceanic and Atmospheric Administration melakukan pemeriksaan kerusakan laut setelah peristiwa kebocoran minyak Deepwater Horizon pada 2010. Spesies-spesies ikan lentera bisa dibedakan berdasarkan bagian tubuhnya yang bernama esca yang terletak di atas kepalanya. Untuk beberapa ikan lentera, esca ini menjadi rumah bagi bakteri bioluminescent yang akan memancarkan cahaya.(sciencedaily)