Find Us On Social Media :

20 Ucapan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, Peristiwa Pengingat Bahaya Sampah Plastik

By Ade S, Senin, 3 Juli 2023 | 09:03 WIB

Ilustrasi sampah kantong plastik di laut. Berikut ini 20 ucapan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia.

Intisari-Online.com - Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia diperingati setiap tanggal 3 Juli.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif penggunaan kantong plastik sekali pakai terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Salah satu cara untuk merayakan hari ini adalah dengan menggunakan ucapan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia yang bisa Anda bagikan di media sosial, email, atau pesan singkat.

Ucapan ini bisa menjadi cara untuk menginspirasi orang lain agar lebih peduli terhadap lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik.

Berikut adalah 20 ucapan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia yang bisa Anda gunakan:

Sejarah Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

Kantong plastik merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Penggunaan kantong plastik sekali pakai membuat jumlah sampah plastik semakin bertambah.

Kondisi ini menimbulkan keprihatinan banyak pihak terhadap lingkungan dan menjadi latar belakang Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia.

Awal mula kantong plastik berasal dari tahun 1933 ketika polietilen, jenis plastik yang praktis untuk industri, diproduksi oleh sebuah pabrik di Northwich, Inggris.

Kemudian, pada tahun 1965, Celloplast, sebuah perusahaan Swedia, mematenkan tas belanja dari polietilen dan menyebarluaskannya ke banyak daerah di Eropa. Bahkan, mereka berhasil menguasai sekitar 80% pasar tas di Eropa.

Pada tahun 1979, kantong plastik ini mulai masuk ke wilayah Amerika Serikat. Namun, pada tahun 1997, Charles Moore, seorang pelaut sekaligus peneliti, menemukan kawasan sampah plastik terluas di dunia, yaitu Great Pacific Garbage Patch.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Menempuh Hidup Baru Islami untuk Sosok Sahabat atau pun Kerabat