Find Us On Social Media :

Kenali Tujuh Jenis Bahan Plastik dan Bahayanya (1)

By Okke Nuraini Oscar, Senin, 30 Mei 2016 | 10:30 WIB

Kenali Tujuh Jenis Bahan Plastik dan Bahayanya (1)

Intisari-Online.com- Plastik merupakan hal familiar yang dapat dengan mudah kita gunakan setiap hari. Namun sadarkah kita bahwa plastik terdiri atas bahan dan jenis yang berbeda-beda. Berikut adalah tujuh bahan plastik yang umum kita gunakan dan bahayanya.

1. Polyethylene Terephthalate (PET)

PET biasanya terdapat pada kemasan botol minuman ringan. PET juga terdapat pada wadah toples untuk selai atau makanan cepat saji. Tipe plastik ini biasanya dapat digunakan untuk makanan yang bisa dihangatkan dalam oven dan microwave.

Secara umum PET merupakan jenis yang aman bagi manusia, masalah utamanya terdapat pada antimoni. Ia adalah sebuah elemen metalloid yang mengandung racun yang sewaktu-waktu bisa bocor dari PET ketika mencapai suhu tertentu. Menurut Central Disease Centre Amerika Serikat (CDC), antimoni dapat menyebabkan penyakit kronis dan akut seperti diare, muntah-muntah, dan tukak lambung.

2. High Density Polyethylene (HDPE)

HDPE biasanya digunakan pada kosmetik dan bahan pembersih rumah tangga. HDPE merupakan plastik dengan tingkat bahaya yang rendah. Namun, pada 2011, sebuah penelitian menyatakan bahwa produk plastik HDPE merupakan produk yang paling banyak mengeluarkan senyawa kimia estrogenik. Bahan kimia yang memiliki estrogenik aktif (EA) diduga dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama pada janin dan anak-anak. Paparan EA dapat mengubah struktur sel manusia. Paparan EA tersebut dapat terjadi ketika plastik terkena air mendidih, sinar matahari (UV), dan pemanasan microwave.

3. Polyvinyl Chloride (PVC)

Bahan plastik ini biasanya dipakai untuk produksi kemasan wadah obat-obatan. PVC merupakan plastik yang cukup berbahaya. Sebuah penelitian di Swedia pada 2008 menemukan bahwa PVC memiliki kemungkinan untuk menganggu sistem imunologi dan pernapasan.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik ini dapat ditemukan pada bungkus roti, makanan beku, pelapis kertas kotak susu, dan cup untuk minuman dingin atau panas. LDPE juga digunakan untuk membuat wadah penutup, seperti mainan dan botol yang dapat dipencet (seperti untuk madu dan saus mustard). LDPE merupakan plastik dengan tingkat bahaya yang rendah.