Find Us On Social Media :

Peneliti Temukan Kanker pada Tikus yang Disebabkan Radiasi Ponsel

By Wahyuni Sahara, Kamis, 2 Juni 2016 | 13:00 WIB

Peneliti Temukan Kanker pada Tikus yang Disebabkan Radiasi Ponsel

Intisari-Online.com – Sekelompok peneliti dari National Toxicology Program (NTP) menemukan adanya kanker pada tikus yang disebabkan oleh radiasi ponsel.Temuan ini diperoleh setelah lembaga yang diberi tanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mempelajari unsur-unsur yang mungkin dapat membahayakan manusia tersebut memancarkan energi radio-frekuensi yang berasal dari ponsel selama dua tahun kepada beberapa tikus yang dijadikan objek penelitian.

Setelah para peneliti melihat dampak kesehatan yang dialami oleh tikus. Peneliti menemukan “insiden rendah” yaitu glioma ganas yang terdapat di otak dan schwannomas di hati tikus jantan. Kedua temuan tersebut adalah dua jenis kanker yang telah dikaitkan dengan kebiasaan penggunaan ponsel dalam penelitian epidemiologi masa lalu. Namun, studi ini tidak menemukan efek yang signifikan pada tikus betina.

Para ilmuwan akan memanggil para peneliti untuk meneliti lebih lanjut,d an perlu diperhatikan bahwa studi ini tidak boleh disimpulkan bahwa ponsel menyebabkan kanker pada manusia.

Yang dapat kita lakukan sebagai pengguna ponsel adalah membatasi penggunaan ponsel seminimal mungkin. Gunakan headset atau speaker saatberbicara di telepon, dan hindari menyimpan ponsel dalam saku celana.

(Wall Street Journal)