Find Us On Social Media :

Bagaimana Anjing Bisa Kembali ke Rumah dari Jarak yang Jauh tanpa Peta ataupun GPS?

By Lila Nathania, Minggu, 5 Juni 2016 | 09:30 WIB

Bagaimana Anjing Bisa Kembali ke Rumah dari Jarak yang Jauh tanpa Peta ataupun GPS?

Intisari-Online.com – Pernahkan Anda bertanya-tanya bagaimana anjing bisa kembali ke rumah dari jarak yang jauh tanpa peta ataupun GPS? Inilah jawabannya.

Tak hanya anjing, hewan-hewan memiliki kemampuan unik untuk bisa kembali ke rumahnya. Lihat saja burung merpati yang bisa kembali ke pasangannya walau dari jarah sangat jauh atau paus yang bisa melakukan migrasi dengan jarak begitu jauh. Bagaimana mereka bisa melakukannya?

Beberapa waktu lalu seekor anjing bernama Pero baru saja melakukan perjalanan yang sangat mengejutkan. Ia berjalan sejauh 386 kilometer selama dua minggu untuk kembali ke rumah majikannya yang lama. Anjing berusia empat tahun itu rupanya benar-benar tahu jalan untuk pulang ke rumah.

Cerita semacam ini membuktikan bahwa hewan memang memiliki kemampuan untuk mengetahui tempat tanpa perlu peta atau GPS. Sayangnya, hingga saat ini peneliti masih belum bisa menemukan jawaban yang pasti untuk kemampuan tersebut.

Salah satu dugaan peneliti adalah bahwa anjing yang memiliki ikatan batin kuat dengan pemiliknya akan melakukan segala cara untuk kembali. Dalam tubuh mereka terdapat molekul tertentu yang bisa mendeteksi adanya medan magnet. Dengan molekul tersebut, maka anjing bisa kembali pada tempat yang menurutnya familiar.

Kemampuan ini diduga dimiliki oleh sejumlah mamalia. Mereka dianggap bisa mendeteksi gelombang magnet bumi sehingga dalam tubuhnya terdapat semacam GPS alami yang bisa digunakan untuk menunjukkan arah. Sayangnya, hal  ini masih belum bisa dipastikan peneliti merupakan penyebab anjing bisa mengetahui cara dengan spesifik. Hingga saat ini, hipotesis ini masih bisa berubah karena belum sepenuhnya pasti.

(iflscience.com)