Find Us On Social Media :

Mari Mengenal 4 Hewan Laut Ini di Film Finding Dory (1)

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 22 Juni 2016 | 07:30 WIB

Mari Mengenal 4 Hewan Laut Ini di Film Finding Dory (1)

Intisari-Online.com – Finding Dory (2016) adalah film animasi yang digarap oleh studio Disney Pixar sebagai sekuel dari Finding Nemo (2003). Film tersebut mengisahkan hilangnya seekor ikan tang biru bernama Dory saat mencai tahu tentang kebenaran masa lalunya. Karena itu, sepasang ayah dan anak yang merupakan ikan badut bernama Marlon dan Nemo melakukan segala jenis tantangan untuk mencarinya.

Dalam film ini kita bisa melihat berbagai jenis hewan lautan. Dari hewan sekecil kerang hingga sebesar paus. Dengan tokoh-tokoh animasi tersebut hidup melalui emosi dan kemampuan untuk berbicara, mereka didasarkan oleh hewan laut sungguhan dengan fakta-fakta menarik. Berikut adalah 4 hewan laut yang berada di film Finding Dory.

1. Mr. Ray (Ikan Pari Elang Berbintik)

Mr. Atau Bapak Ray hadir sebagai guru dari Nemo dan beberapa anak-anak ikan di daerah Karang Penghalang Besar. Ia adalah seekor ikan pari elang yang memiliki bintik putih dan biru sebagai ciri khas mahluk laut tersebut. Seperti yang dilansir dari sailhawaii.com, aetobatus narinari atau ikan pari elang berbintik memiliki bintik yang dapat berwarna putih hingga kuning atau hijau.

Hewan elegan ini juga memiliki perut putih dengan buntut yang kadang memiliki panjang dua kali lipat dari tubuhnya. Dengan hidung panjangnya, ikan pari elang berbintik memiliki paruh kecil menyerupai bebek. Menurut marinebio.org, kita dapat menemukan pari elang berbintik ini di perairan cetek dekat pantai seperti teluk dan terumbu karang.

Daerah tropis seperti Sydney dan New South Wales di Australia menjadi tempat dimana kita akan menemukan ikan pari tersebut. Hewan laut tersebut juga tersebar di Atlantik sehingga dapat dilihat di Amerika Serikat hingga Brazil dan juga berbagai lokasi lainnya seperti Laut Merah, Afrika, Hawaii, Jepang hingga Kepulauan Galapagos.

2. Hank (Gurita)

Hank menjadi salah satu tokoh utama dalam film yang menceritakan kisah petualangan Dory. Ia adalah seekor gurita merah yang ikut serta memanfaatkan kamuflase di tempat sekelilingnya. Gurita selalu memiliki delapan tentakel, akan tetapi Hank sendiri hanya memiliki tujuh akibat sebuah kecelakaan.

Octopus vulgaris atau gurita memiliki 300 spesies yang tersebar di seluruh lautan di dunia. Gurita memiliki paruh tajam dengan delapan tentakelnya memiliki mekanisme penyedot berbentuk bulat. Kamuflase yang digunakan Hank berbasis dari fakta bahwa gurita dapat mengikuti warna lingkungannya. Menurut a-z-animals.com, hal tersebut digunakan untuk bersembunyi dari pemangsa dan juga hewan lain yang akan dimakan gurita tersebut.

Hal menarik apa lagi yang dapat kita temukan dalam gurita? Bagaimana dengan sebuah fakta bahwa mereka memiliki tiga jantung? Menarik bukan? Ya, gurita tersebut menggunakan dua jantungnya untuk memompa darah melalui insang dan satu lagi untuk memompa darah biru pucat untuk beradptasi dengan suhu ekstrim.

Cukup menarik bukan? Bagian kedua akan menjelaskan dua hewan laut lainnya yang menemani Dory dalam petualangan mencari masa lalunya.