Find Us On Social Media :

Amerika Serikat akan Melakukan Tes Pertama Pengubahan Gen pada Manusia dengan Teknologi CRISPR

By Lila Nathania, Senin, 27 Juni 2016 | 08:00 WIB

Amerika Serikat akan Melakukan Tes Pertama Pengubahan Gen pada Manusia dengan Teknologi CRISPR

Intisari-Online.com – Mengubah gen adalah hal yang selalu ingin dilakukan peneliti namun begitu banyak pro dan kontranya. Akhirnya, Amerika Serikat akan melakukan tes pertama pengubahan gen pada manusia dengan teknologi CRISPR.

Tim dokter dari University of Pennsylvania pada pertengahan Juni ini sedang mencari persetujuan untuk mengubah gen manusia dengan tujuan melawan sel kanker. Proposal mereka telah diterima sehingga proses pengubahan gen manusia ini akan segera dilakukan.

Perawatan pengubahan DNA yang akan dilakukan adalah terapi sistem imun. Sel darah pada pasien akan dihilangkan lalu diganti (dalam taraf genetis) menggunakan teknologi. Teknologi ini memungkinkan molekul untuk memotong DNA yang ingin dihilangkan untuk diganti dengan yang baru.

Metode CRISPR ini dibuat kurang dari empat tahun lalu namun harus segera bisa dilakukan dengan alasan untuk bisa membantu banyak pasien kanker. Jenis kanker yang bisa diobati dengan cara ini adalah myeloma, melanoma, dan sarcomas.

Prosedur serupa juga akan dilakukan di perusahaan Cambridge. Mereka berkata akan mulai melakukan uji coba tahun 2017 mendatang. Metode CRISPR akan sicoba untuk menghilangkan penyakit mata yang langka.

Para peneliti berharap dengan diterimanya proposal pengubahan gen pada manusia ini akan ada banyak hal yang bisa diperbaiki pada manusia. Teknologi ini diharapkan dapat membuat manusia lebih sehat dan kuat.

(technologyreview.com)