Find Us On Social Media :

Mengapa Gigitan Nyamuk bisa Sangat Berbahaya dan Mengapa ada Orang yang Sangat Disukai Nyamuk?

By Lila Nathania, Minggu, 26 Juni 2016 | 15:00 WIB

Mengapa Gigitan Nyamuk bisa Sangat Berbahaya dan Mengapa ada Orang yang Sangat Disukai Nyamuk?

Intisari-Online.com – Pasti Anda pernah bertanya-tanya mengapa gigitan nyamuk bisa sangat berbahaya dan mengapa ada orang yang sangat disukai nyamuk? Inilah jawabannya.

Gigitan nyamuk biasa mungkin sering kita anggap sebagai hal yang remeh. Padahal, sebenarnya gigitan nyamuk biasa pun bisa berdampak buruk bagi kita. Menurut penelitian, gigitan nyamuk yang gatal di kulit disebabkan oleh liur nyamuk yang masuk ke dalam kulit.

Reaksi imun tubuh kemudian mengirimkan sel darah putih ke tempat gigitan nyamuk. Itulaah sebabnya tempat gigitan nyamuk selalu mengalami bengkak. Hal yang seringkali terjadi adalah sistem imun yang berusaha menyerang sel nyamuk justru ikut terinfeksi.

Saat sudah terinfeksi, maka virus yang berasal dari nyamuk akan sangat mudah meyebar ke seluruh tubuh. Tak hanya demam berdarah, chikunguya dan zika juga merupakan penyakit parah yang ditularkan lewat gigitan nyamuk.

Lucunya, peneliti justru menemukan bahwa bila sel darah putih tidak bereaksi cepat dan mencoba untuk melawan sel dari nyamuk, maka virus tak jadi menyebar dalam tubuh. Jadi imun manusia sendirilah yang sebenarnya membuat kita jadi terjangkit virus yang disebarkan oleh nyamuk.

Dalam penelitian yang sama, ilmuwan juga menemukan bahwa nyamuk sangat suka dengan orang bergolongan darah O serta mereka yang meminum bir. Jadi jika Anda berdarah O, sabar-sabarlah menghadapi serbuan nyamuk.

(yahoo.com)