Find Us On Social Media :

Kenali Hewan Laut di Film Finding Dory: 5 Fakta Menarik dari Ikan Badut

By Bramantyo Indirawan, Sabtu, 2 Juli 2016 | 12:00 WIB

Kenali Hewan Laut di Film Finding Dory: 5 Fakta Menarik dari Ikan Badut

Intisari-Online.com – Finding Dory (2016) adalah film animasi yang digarap oleh studio Disney Pixar sebagai sekuel dari Finding Nemo (2003). Film tersebut mengisahkan hilangnya seekor ikan tang biru bernama Dory saat mencai tahu tentang kebenaran masa lalunya. Karena itu, sepasang ayah dan anak yang merupakan ikan badut bernama Marlon dan Nemo melakukan segala jenis tantangan untuk mencarinya.

Dengan tokoh-tokoh animasi tersebut hidup melalui emosi dan kemampuan untuk berbicara, mereka didasarkan oleh hewan laut sungguhan dengan fakta-fakta menarik. Marlon dan Nemo sendiri didasari oleh ikan badut dari berbagai daerah karang tropis di Lautan Hindia dan Pasifik serta tempat lain seperti Karang Penghalang Besar. Apabila kita telusuri, muncul fakta-fakta menarik dari ikan ini, berikut adalah 5 poin paling menarik dari ikan tersebut yang dilansir dari dailyworldfacts.com dan sumber lainnya. Mari kita lihat!

1. Hidup berdampingan dengan anemon laut

Clownfish atau ikan badut hidup dengan kelompok kecil di antara anemon laut. Seperti yang digambarkan di film, ikan badut berdampingan dengan tumbuhan tersebut. Anemon memakan daging dan sisa-sisanya diberikan kepada ikan badut. Kemudian itu ikan tersebut juga memakan tentakel mati dari anemon, membersihkannya. Anemon laut sendiri berperan penting dalam melindungi ikan badut dari pemangsa melalui tentakel berlistriknya.

2. Si Badut

Bagaimana ia mendapatkan julukan ikan badut? Anemonefish dipanggil julukan tersebut akibat garis-garis yang menyerupai badut. Warna terang dan cara berenangnya juga menjadi alasan kenapa ikan tersebut dinamakan “ikan badut”.

3. Mereka bisa merubah kelaminnya!

Ya, ikan badut dapat mengubah kelaminnya. Semua ikan tersebut lahir sebagai pria kemudian dapat berubah apabila wanita dominan tidak ada di gerombolan ikan tersebut. Maka salah satu ikan pria dapat mengubah kelaminnya jadi wanita. Ya, seharusnya Marlon yang telah kehilangan istrinya mengubah kelaminnya!

4. Menari bersama ikan badut

Satu spesies ikan badut yang dinamakan sebagai ikan badut percula melakukan tarian apabila bertemeu dengan anemon laut untuk pertama kali.

5. Tidak jauh dari rumah

Pada dasarnya ikan badut bukan perenang baik, bahkan cara gerak mereka menjadi salah satu alasan kenapa mereka dipanggil sebagai badut. Mereka tidak pernah pergi jauh dari anemon laut yang menjadi rumahnya. Ya, pada dasarnya ikan tersebut mirip sekali dengan Marlon yang tidak ingin jauh dari rumah.