Find Us On Social Media :

Tahukah Anda: Mengapa Burung Bangau Berdiri Berdiri dengan Satu Kaki?

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 7 Juli 2016 | 15:00 WIB

Tahukah Anda: Mengapa Burung Bangau Berdiri Berdiri dengan Satu Kaki?

Intisari-Online.com—Anda pasti sering melihat gambar atau melihat langsung beberapa jenis burung yang berdiri dengan satu kaki diangkat ke atas. Kebanyakan burung bangau yang sering melakukan kebiasaan ini.

Pernahkan Anda merasa penasaran dengan kebiasaan aneh ini? Mengapa burung memilih berdiri dengan satu kaki, sementara sebenarnya akan lebih nyaman kalau berdiri dengan dua kaki. Jika Anda bertanya pada banyak orang, mungkin akan banyak perbedaan teori yang mendasarinya. Namun di antara banyak teori tersebut, ada sebuah teori yang paling masuk akal.

Posisi berdiri dengan satu kaki ternyata bertujuan untuk mengistirahatkan kaki yang lainnya. Hal ini dilakukan butung untuk menolong burung tersebut untuk bergerak dan terbang lebih cepat ketika bahaya menghampiri. Burung lebih mudah terbang dari tempatnya berpijak dengan satu kaki.

Selain itu ada teori menarik lainnya yang menunjukkan fakta bahwa burung mengangkat satu kakinya untuk menunjukkan kelihaian dan kecerdikannya. Teori ini menyatakan bahwa berdiri dengan dua kaki akan menarik perhatian binatang predator dan mereka lebih mudah dimangsa.

Khususnya pula pemangsa yang yang sering muncul dari dalam air. Di mana bangau sering berpijak di situ. Akhirnya mereka memilih untuk berdiri dengan satu kaki, untuk mengelabui pemangsa. Satu kaki yang berdiri tegak di hanya akan terlihat seperti ranting-ranting pohon dari bawah air.

Terakhir, ada pula teori yang menyatakan bahwa burung bangau mengangkat satu kakinya untuk menyesuaikan diri dengan temperatur tempat ia berdiri. Burung bangau (atau burung yang sering berdiri dengan satu kaki) akan lebih sering berdiri dengan satu kaki di saat cuaca dingin agar tetap merasa hangat. Apalagi mereka membutuhkan energi yang cukup untuk terbang. Selain itu, ketika burung itu mencari makanan di area air yang dingin, mereka juga cenderung mengangkat satu kakinya.

Bagaimana? Tidak penarasan lagi, kan?

(whydo.com)