Find Us On Social Media :

25 Ucapan Selamat Hari Pelaut Sedunia 2023, Peristiwa yang Bertema 'Kontribusi Pelaut dalam Menjaga Lingkungan Laut'

By Ade S, Minggu, 25 Juni 2023 | 05:03 WIB

Ilustrasi pelaut. Berikut ini 25 contoh ucapan selamat Hari Pelaut Sedunia 2023.

Intisari-Online.com - Hari Pelaut Sedunia atau Day of The Seafarer diperingati setiap tanggal 25 Juni setiap tahunnya.

Peringatan ini merupakan bentuk penghargaan kepada seluruh pelaut di dunia atas kontribusinya dalam perdagangan global dan perekonomian dunia.

Dengan mengirimkan ucapan selamat Hari Pelaut Sedunia, Anda dapat menunjukkan rasa terima kasih dan dukungan Anda kepada para pelaut yang telah berjuang dan berkorban di laut.

Berikut adalah 25 ucapan selamat Hari Pelaut Sedunia yang bisa Anda gunakan untuk mengucapkan selamat kepada para pelaut di hari spesial mereka.

Sejarah Hari Pelaut Sedunia

Menurut situs Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Hari Pelaut Sedunia merupakan peringatan tahunan yang dimulai sejak tahun 2010.

Hari Pelaut Sedunia berasal dari Amandemen Manila (2010) yang merevisi Konvensi STCW dan kode terkait.

Konvensi STCW adalah perjanjian internasional yang menetapkan standar pelatihan, sertifikasi, dan dinas jaga bagi pelaut yang bekerja di kapal niaga internasional.

Dalam Amandemen Manila, Konferensi Diplomatik sepakat bahwa pelaut memiliki peran penting dalam perdagangan internasional dan layak mendapatkan pengakuan.

Oleh karena itu, mereka menetapkan tanggal 25 Juni sebagai Hari Pelaut Sedunia, sesuai dengan tanggal pengesahan Amandemen Manila.

Hari Pelaut Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2011 dengan kampanye daring oleh IMO untuk mengucapkan terima kasih kepada para pelaut.

Baca Juga: 20 Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Wali Murid yang Memberi Hadiah dalam Peristiwa Perpisahan