Find Us On Social Media :

Anak Bebek Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Abstrak

By Lila Nathania, Senin, 18 Juli 2016 | 08:30 WIB

Anak Bebek Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Abstrak

Intisari-Online.com – Anjing, lumba-lumba, monyet, dan babi selama ini dikenal sebagai binatang yang pintar. Namun anak bebek ternyata memiliki kemampuan untuk berpikir abstrak juga.

Selama ini para ilmuwan menduga bahwa kemampuan berpikir abstrak hanya dimiliki oleh primata, gagak, dan burung beo. Namun sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa anak bebek ternyata juga memiliki kemampuan tersebut.

Cara mengetes kemampuan berpikir ini adalah dengan menguji kemampuan mereka mengikuti sesuatu yang dianggap sebagai induknya. Anak bebek selalu mengikuti hal pertama yang mereka lihat setelah lahir. Karena itu, peneliti memberi anak-anak bebek sebuah objek untuk diikuti.

Objek ini dibuat turun dari atas dan bergerak berputar-putar mengelilingi anak bebek. Setelahnya, anak-anak bebek akan diletakkan dalam tempat gelap selama setengah jam. Sehabis itu, mereka dipertemukan lagi dengan objek yang bentuknya berbeda namun tabiatnya sama. Anak-anak bebek ini ternyata bisa mengenali tabiat itu dan mengikuti objek tersebut.

Ketika dicoba dengan berbagai bentuk dan warna, anak-anak bebek ternyata tetap mengenali ‘induknya’ berdasarkan tabiat yang mereka lihat ketika pertama kali bertemu sehabis menetas. Sebanyak 75% anak bebek berhasil mengikuti objek yang dianggap sebagai induknya.

Kemampuan untuk mengenali sang induk ini dianggap peneliti sebagai bukti bahwa bebek pun punya kemampuan untuk berpikir secara abstrak dalam mengenali induknya. Dengan cara inilah mereka bisa terus bersama dengan induknya di alam liar dan bertahan hidup.

(iflscience.com)