Find Us On Social Media :

Penyakit Kanker Tertua di Dunia Berusia 1,7 Juta Tahun Ditemukan di Afrika Selatan

By Lila Nathania, Sabtu, 30 Juli 2016 | 13:30 WIB

Penyakit Kanker Tertua di Dunia Berusia 1,7 Juta Tahun Ditemukan di Afrika Selatan

Intisari-Online.com - Selama ini kanker dianggap sebagai salah satu penyakit gaya hidup yang muncul karena manusia memiliki pola hidup tak sehat. Ternyata penyakit kanker tertua di dunia berusia 1,7 juta tahun ditemukan di Afrika Selatan.

Bukti tertua tentang adanya penyakit kanker baru saja ditemukan di tulang kaki manusia purba. Fosil itu ditemukan pada Swartkrans National Heritage Site, Afrika Selatan. Penemuan ini mengalahkan rekor catatan penyakit kanker tertua yang ditemukan pada manusia purba nenderthal berusia 120.000 tahun.

Manusia purba yang terkena kanker pertama di dunia itu merupakan spesies Homo ergaster atau Paranthropus robustus. Ia terkena osteosarcoma atau sejenis kanker ganas yang menyerang tulang. Hingga saat ini peneliti masih belum tahu apakah manusia purba yang terkena kanker itu meninggal gegara osteosarcoma yang dideritanya. Yang pasti, ia tak  bisa berjalan dengan kanker separah itu.

Di waktu yang sama, peneliti lain juga melaporkan telah menemukan fosil berusia 1,98 juta tahun yang diprediksi menderita tumor osteoid osteoma. Tumor itu menyerang manusia purba Australopithecus sediba yang masih berusia 12 atau 13 tahun.

Penemuan ini merupakan hal yang sangat berharga karena membuktikan bahwa kanker adalah penyakit yang sudah ada sejak dahulu kala. Jadi jangan serta merta menganggap kanker sebagai penyakit 'baru' yang muncul karena pola hidup manusia modern.

(Iflscience.com)