Find Us On Social Media :

Banyak Hal yang Belum Kita Ketahui tentang Harimau Sumatera

By Moh Habib Asyhad, Senin, 1 Agustus 2016 | 12:00 WIB

Banyak Hal yang Belum Kita Ketahui tentang Harimau Sumatera

Intisari-Online.com - Banyak hal yang belum kita ketahui tentang harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Zoological Society of London yang juga memiliki program konservasi hewan khas ini setidaknya mencatat ada 12 keunikan yang belum kita ketahui tentangnya.

Terkecil

Ada lima sub-spesies harimau yang kini masih eksis, seperti harimau Bengali, harimau Siberia, dan harimau Malaya. Harimau sumatera merupakan sub-spesies yang terkecil, hanya ditemukan di Pulau Sumatera.

Tinggal ratusan

Status harimau sumatera menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah terancam punah. Data terbaru menyebut, populasi harimau itu hanya sekitar 441 - 679 di alam liar.

Berburu sejak usia setahun

Harimau sumatera memang tinggal dengan induknya hingga usia sekitar 2 tahun. Namun, menurut penelitian, jenis itu telah berburu sejak usianya setahun.

Tua

Jangan menyangka bahwa harimau sumatera adalah sub-spesies yang baru lahir. Fosil di China mengindikasikan bahwa harimau itu telah eksis sejak 2 juta tahun lalu.

Suka “berendam”

Tak seperti sepupu lainnya, harimau sangat senang berenang. Mereka senang “ngadem” berada di tepi sungai dan “berendam” di air sungai itu.

Pola garis unik