Find Us On Social Media :

Terbuat dari Apakah Air Mata Itu?

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 4 Agustus 2016 | 13:00 WIB

Terbuat dari Apakah Air Mata Itu?

Intisari-Online.com — Air mata memainkan peran yang sangat penting untuk membantu kita tetap hidup dengan mata yang sehat. Pernahkah Anda berpikir dari mana asalnya dan apakah yang menjadi komposisi dari air mata?

Air mata menjaga agar bola mata tetap lembab dan bersih. Ia juga melindungi mata kita dari kerusakan. Walaupun kemunculannya tak lebih dari sekadar air semata, air mata sebenarnya terdiri dari kandunga  yang kompleks.

Air mata terbuat dari semacam lendir, air, dan minyak. Lapisan lendir tersebut yang membuat air mata dapat melekat pada mata. Tanpa lapisan lendir yang sehat tersebut, titik-titik kering mungkin akan muncul pada kornea.

Kandungan airnya lebih banyak terbuat dari saline (garam) yang mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk menormalkan fungsi sel. Nutrisi di air mata sangat penting untuk melindungi lapisan utama dari sel yang ada di permukaan mata. Sehingga mata dapat berfungsi dengan normal.

Kandungan minyak dalam air mata mencegah penguapan air mata. Beberapa orang mungkin tidak memiliki kandungan minyak yang banyak, sehingga ia cenderung memiliki mata yang kering. Jika komponen minyak tidak normal, maka air mata gampang menguap.

Air mata kita juga mengandung antibiotik natural yang dinamakan lysozymes. Antibiotik ini membantu agar permukaan mata tetap sehat dan kuat terhadap serangan bakteri dan virus. Karena kornea tidak memiliki pembuluh darah, air mata juga menjadi penyedia nutrisi untuk sel-sel di mata.

Sumber: Bartlett, Jimmy D and Siret D Jaanus. Clinical Ocular Pharmacology, Second Edition, Pp 123-124. Copyright 1989, Butterworth-Heinemann. (verywell.com)