Find Us On Social Media :

Teks Khutbah Jumat: 3 Hikmah Ibadah Qurban dalam Peristiwa Idul Adha

By Ade S, Minggu, 18 Juni 2023 | 12:03 WIB

Ilustrasi Idul Adha. Berikut ini artikel tentang khutbah Jumat 3 hikmah ibadah qurban yang dapat kita renungkan di bulan Dzulhijjah.

Intisari-Online.com - Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam di bulan Dzulhijjah.

Ibadah ini merupakan bentuk ketaatan dan pengorbanan kepada Allah SWT, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang khutbah Jumat 3 hikmah ibadah qurban yang dapat kita ambil pelajaran darinya.

Khutbah Jumat ini terdiri dari dua bagian: khutbah pertama dan khutbah kedua.

Di khutbah pertama, kita akan mengetahui tiga hikmah ibadah kurban. Sementara di khutbah kedua, kita akan mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan ibadah kurban.

Khutbah Pertama

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi kita nikmat iman dan Islam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari kegelapan menuju cahaya. Amma ba’du.

Saudaraku sekalian, kita telah memasuki bulan Dzulhijjah, bulan yang penuh dengan berbagai ibadah dan keutamaan. Di antara ibadah yang sangat dianjurkan di bulan ini adalah ibadah kurban.

Ibadah kurban adalah ibadah yang meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang bersedia mengorbankan harta dan jiwa mereka demi ketaatan kepada Allah SWT.

Ibadah kurban juga merupakan ibadah yang mengandung banyak hikmah dan manfaat, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Di antara hikmah dan manfaat ibadah kurban adalah:

Baca Juga: Tinggal Baca, Ini 5 Contoh Puisi Idul Adha 2023 Bertema Peristiwa Qurban