Find Us On Social Media :

Di Australia, Ada Air Terjun yang Tidak Turun Secara Vertikal dan Airnya Bisa Bolak-balik

By Ade Sulaeman, Jumat, 5 Agustus 2016 | 10:30 WIB

Di Australia, Ada Air Terjun yang Tidak Turun Secara Vertikal dan Airnya Bisa Bolak-balik

Intisari-Online.com - Bosan dengan air terjun vertikal? Cobalah berkunjung ke Teluk Talbot, Australia Barat. Di sana ada air terjun yang bergerak bolak-balik secara horiziontal.

Tidak seperti air terjun biasanya yang mengalir turun ke bawah, di tempat ini, sepanjang mata memandang, tidak akan ada aliran deras jatuh ke bawah seperti aliran air yang terjun dari tebing. Sesuai namanya, Horizontal Falls merupakan sebuah tempat dimana terdapat air terjun yang mengalir secara mendatar.

Mengapa bisa begitu? Peristiwa aliran bolak-balik ini ternyata terbentuk akibat derasnya air yang keluar dari sela-sela tebing. Nah, tebing tersebutlah yang membelah lautan menjadi dua bagian, yaitu sisi kanan dan kiri.

Ketika laut sisi kanan mengalami pasang, air akan meluncur deras ke laut di sisi kiri yang mengalami surut. Hal yang sama pun terjadi sebaliknya. Maka jangan heran, jika pada pagi hari kita akan melihat air mengalir dari kanan ke kiri, tapi di sore hari, air malah mengalir dari kiri ke kanan.

Uniknya, peralihan arus bolak-balik ini terjadi secara terus menerus, sehingga terlihat seperti sedang bolak-balik. Selain itu, air terjun ini ternyata tidak punya ketinggian tertentu.

Horizontal Falls cuma punya lebar 300 meter. Itulah sebabnya, bila ingin mengalir ke laut sebelah kiri, air di laut sebelah kanan harus melewati jarak sejauh 300 meter.

Meskipun aksesnya masih sulit, tetapi banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Horizontal Falls.

Bahkan, oleh beberapa wisatawan, tempat ini juga dijuluki sebagai salah satu keajaiban dunia. Tidak hanya bisa menikmati air terjun saja, ketika sampai kita juga akan disuguhi dengan pemandangan indah dari sekitar air terjun.

(Chatarina Komala/Kidnesia.com)