Find Us On Social Media :

Tujuh Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Malas (2)

By Chatarina Komala, Rabu, 22 Oktober 2014 | 11:00 WIB

Tujuh Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Malas (2)

Intisari-Online.com – Rekan kerja yang malas memang menjengkelkan. Apalagi untuk ketika mereka berada di sebuah tim yang sama dengan kita. Sementara yang lain berusaha keras untuk menghasilkan pekerjaan dengan lebih baik, rekan kerja yang malas justru mengerjakan "jatah" mereka secara asal. Ironinya, mereka akan mendapatkan bayaran yang sama dengan kita- yang sudah bekerja keras. Karenanya, ketimbang kesal dan terus menggerutu, berikut adalah tujuh cara menghadapi rekan kerja yang malas

5. Jangan meringankan pekerjaan merekaKemalasan seorang rekan kerja bukanlah masalah bagi kita. Jangan mengambil tanggung jawab mereka, hanya karena kita berpikir bahwa pekerjaan itu penting dan harus diselesaikan dengan sebaik mungkin. Selama kita sudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik, maka kita tidak harus mengkhawatirkan sesuatupun.Jika hal itu adalah sebuah pekerjaan bersama atau kerja tim, satu-satunya hal yang harus kita lakukan adalah mengingatkan mereka tentang tenggat waktu atau tugas-tugas yang tertunda. Jangan menghabiskan terlalu banyak energi untuk mengurus hal-hal yang sebenarnya bukan tanggungjawab kita.  

6. Hindari masuk ke proyek yang sama  

Terkadang, kita bisa mendapat penugasan atau proyek di mana kita diminta untuk mengkoordinasikan atau bekerja bersama-sama dengan rekan kerja yang malas. Hindari proyek-proyek itu semampu yang kita bisa. Memang, hal itu tidak terlihat baik. Namun, lakukanlah hal ini.  Kita bisa mengatakan bahwa kita butuh orang yang mampu bekerja secara cepat, sebagai alasannya. Ungkapkan hal ini secara halus tanpa memberitahu kepada orang lain bahwa sebenarnya kita tidak ingin bekerja dengan rekan kerja yang malas.

7. Gunakan kemalasan sebagai kesempatan

Terkadang, kita mampu mengubah situasi yang tak diinginkan untuk keuntungan kita sendiri. Ambillah kesempatan dari rekan kerja malas untuk menjadi seorang yang lebih produktif. Ini adalah cara menghadapi rekan kerja yang malas. Dekati atasan dan tawarkan untuk membantu rekan kerja kita yang tidak produktif. Ini akan menempatkan kita sebagai seorang yang produktif yang juga akan dihargai oleh atasan. (Magforwomen)