Find Us On Social Media :

Perempuan Gemuk Mendapatkan Gaji Lebih Kecil

By Lila Nathania, Kamis, 23 Oktober 2014 | 15:00 WIB

Perempuan Gemuk Mendapatkan Gaji Lebih Kecil

Intisari-Online.com - Bila Anda adalah perempuan dan memiliki berat badan berlebih, coba pertimbangkan untuk melakukan diet. Pasalnya, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa perempuan gemuk mendapatkan gaji lebih kecil.

Di Amerika Serikat, kaum hawa yang gemuk biasanya ditempatkan dalam posisi pekerjaan rendah. Dalam jabatan tersebut mereka biasanya tak terlalu banyak bertemu orang lain. Jenis pekerjaannya pun dikatakan peneliti cenderung lebih menyebabkan stress.

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Vanderbilt, alasan di balik fakta ini sangat jelas; perempuan gemuk tak mungkin ditempatkan dalam posisi jabatan penting. Pada posisi yang tinggi dan berhonor lebih besar, perempuan harus sering bertemu dengan orang lain.

Posisi ini tak mungkin diberikan pada perempuan yang obesitas. Data menunjukkan bahwa perusahaan tidak mau merekrut perempuan gemuk untuk menjadi representasi wajah mereka.

Jennifer Shinall, ketua tim peneliti sekaligus asisten profesor di Sekolah Hukum Venderbilt, mengatakan bahwa perempuan gemuk mendapatkan gaji lebih kecil sebab kebijakan perusahan yang berlaku memang seperti itu.

Mereka yang bertubuh tambun biasanya ditempatkan pada industru kecil yang bergaji minim. Contohnya misal pekerja industri makanan serta penitipan anak.

Anehnya, hal ini hanya berlaku untuk jenis kelamin perempuan saja. Shinall pun menyesalkan pola pikir diskriminasi gender yang ternyata masih ada di masyarakat ini.

Meski diskriminasi ini merugikan kaum hawa, mari kita coba melihat hal ini dari kacamata yang positif. Kaum perempuan harus selalu bertubuh bugar agar bisa berkompetisi dengan laki-laki demi meraih pekerjaan idaman. Anggap saja ini merupakan pengingat bahwa selain mengejar karier Anda tetap harus menjaga kesehatan juga (NBCNews).