Find Us On Social Media :

Agar Sukses Menjadi Karyawan Baru

By Birgitta Ajeng, Selasa, 4 November 2014 | 17:00 WIB

Agar Sukses Menjadi Karyawan Baru

Intisari-Online.com - Sebenarnya menjadi karyawan baru di sebuah perusahaan tidak semenakutkan yang kita bayangkan kok. Memang status karyawan baru bisa sangat mengintimidasi, apalagi jika ini adalah pekerjaan pertama setelah lulus kuliah. Dalam buku Success in Young Age karya Dwi Herlina, ada beberapa tips agar sukses menjadi karyawan baru, yaitu:

1. Menyelidiki perusahaan dengan sedetail-detailnya

Cari tahu tentang perusahaan secara keseluruhan, baik fisik, maupun non fisik. Fisik misalnya tentang letak toilet, kantin, ruang rapat, dan lain-lain. Sedangkan non fisik seperti visi dan misi perusahaan, job description, peraturan perusahaan, dan kompensasi.

2. Memahami tugas dengan baik

Pahami deskripsi kerja dan apa saja tugas-tugas Anda. Pahami juga fasilitas kerja Anda, bagaimana menggunakan telepon, komputer, mesin faks, dan sebagainya. Karena, mungkin saja aturan penggunaan perusahaan tempat Anda bekerja berbeda dengan perusahaan sebelumnya.

3. Membina hubungan baik

Binalah hubungan baik dengan semua rekan kerja. Jangan pilih-pilih teman dan jangan bersikap tinggi hati. Berusahalah membaur dengan semua kalangan. Jika ada aktivitas lain di luar jam kerja, seperti jalan-jalan bersama, ikutilah. Karena dengan ini bisa mendekatkan Anda dengan teman-teman yang lain.

4. Evaluasi

Tahap-tahap awal masuk kerja adalah tahap evaluasi, baik oleh perusahaan maupun oleh diri sendiri. tanyakan pada diri sendiri, apakah yang sebenarnya Anda harapkan dari perusahaan ini? lalu, tanyakan lagi apakah yang Anda harapkan sudah sesuai dengan yang Anda dapatkan. Jika harapan dan apa yang didapat sudah cocok, lanjutkan untuk berkarir di perusahaan tersebut.

Nah, itu tadi tips agar sukses menjadi karyawan baru. Semoga bermanfaat.