Find Us On Social Media :

Ini Kriteria Umum Karyawan Bintang yang Kelak Dipilih Menjadi Pemimpin di Perusahaan (1)

By Birgitta Ajeng, Rabu, 5 November 2014 | 13:00 WIB

Ini Kriteria Umum Karyawan Bintang yang Kelak Dipilih Menjadi Pemimpin di Perusahaan (1)

Intisari-Online.com - Karyawan bintang adalah orang-orang yang memberikan kontribusi 80% bagi perusahaan. Dalam tugasnya sehari-hari, mereka juga menampilkan kapabilitas istimewa dengan komitmen kerja yang tinggi.

Kelak karyawan bintang inilah yang dipilih perusahaan untuk menduduki posisi pemimpin. Berikut ini adalah beberapa kriteria umum karyawan bintang seperti ditulis di dalam buku Keep Your Best People! Jangan Sampai Karyawan Anda Hengkang atau Dibajak.

1. Pengalaman kerja dan riwayat kemajuan

Pengalaman seseorang selama bekerja bisa mengindikasikan kapabilitas orang tersebut. Apakah dia memiliki kemampuan teknis yang tinggi di bidangnya, mampu mencari solusi masalah secara tepat dan tepat, mampu mencapai target yang ditetapkan, mempunyai naluri bisnis, dan memiliki kematangan emosional.

Secara umum dapat dikemukakan bahwa pengalaman bekerja di beberapa perusahaan, atau di sejumlah bidang, atau di berbagai kelompok kerja, cenderung membuat seseorang lebih kompeten. Apalagi jika di dalam peralihan itu juga terjadi peningkatan tanggung jawab dan wewenang.

2. Pendidikan

Kesempatan menyenyam pendidikan di jenjang yang tinggi membuat seseorang memiliki pola pikir yang lebih terstruktur dan wawasan pengetahuan yang lebih luas. Pada umumnya mereka yang berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi dengan baik cenderung lebih matang, lebih mampu berkomunikasi, lebih mudah beradaptasi, dan lebih menguasai pengetahuan dasar tentang suatu bidang, dibandingkan rekan sebayanya yang tidak sempat mengenyam pendidikan dalam rentang waktu lama.

Nah, itu tadi beberapa kriteria umum karyawan bintang. Meskipun kriteria-kriteria di atas bisa sangat membantu, setiap perusahaan tentu juga memiliki kriteria-kriteria unik yang membedakan perusahana itu dari perusahaan lainnya.

-bersambung-