Find Us On Social Media :

Ini Kriteria Umum Karyawan Bintang yang Kelak Dipilih Menjadi Pemimpin di Perusahaan (2)

By Birgitta Ajeng, Rabu, 5 November 2014 | 14:00 WIB

Ini Kriteria Umum Karyawan Bintang yang Kelak Dipilih Menjadi Pemimpin di Perusahaan (2)

Intisari-Online.com - Karyawan bintang adalah orang-orang yang memberikan kontribusi 80% bagi perusahaan. Dalam tugasnya sehari-hari, mereka juga menampilkan kapabilitas istimewa dengan komitmen kerja yang tinggi.

Kelak karyawan bintang inilah yang dipilih perusahaan untuk menduduki posisi pemimpin. Berikut ini adalah beberapa kriteria umum karyawan bintang seperti ditulis di dalam buku Keep Your Best People! Jangan Sampai Karyawan Anda Hengkang atau Dibajak.

1. Keuletan belajar

Agar bisa beradaptasi dengan perubahan situasi yang tak kunjung berhenti, perusahaan membutuhkan karyawan yang mampu dan mau belajar – yang akan bisa menyesuaikan diri serta mengambil manfaat dari perubahan yang terjadi. Dengan memperlakukan tantangan dalam pekerjaan sebagai bagian dari proses belajar, orang-orang seperti ini lebih mampu melihat peluang yang muncul dari suatu perubahan.

Mereka biasanya lebih tekun, lebih bersemangat, lebih ulet, dan tidak mudah menyerah jika dihadapkan pada hambatan atau tantangan. Mereka tidak pernah menolak penugasan baru. Mereka bersedia terlibat dalam berbagai macam proyek, termasuk yang bersifat lints fungsi.

2. Penilaian kinerja

Kinerja adalah hasil perkalian kemampuan dan kemauan. Kinerja yang tinggi hanya bisa dicapai jika kemampuan yang melampaui standar dilengkapi dengan kemauan yang kuat, dan sebaliknya.

Dengan demikian, hasil unjuk kerja seseorang bisa dijadikan indikator dari kemampuan dan kemauan kerjanya, dengan asumsi bahwa penilaian kinerja tersebut didasarkan pada kriteria dan data yang relatif objektif.

3. Pengalaman kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan sebuah seni, dan pengalaman memimpin merupakan proses pengayaan kemampuan yang sangat penting. Ingat, memiliki potensi kepemimpinan saja tidaklah cukup karena dibutuhkan pengalaman nyata sebagai pemimpin, dimana terlihat jelas apa yang dilakukan, dan apa yang dihasilkan ketika menjadi pemimpin, sebelum kita bisa menyatakan bahwa seseorang mempunyai kemampuan kepemimpinan.

Nah, itu tadi beberapa kriteria umum karyawan bintang. Meskipun kriteria-kriteria di atas bisa sangat membantu, setiap perusahaan tentu juga memiliki kriteria-kriteria unik yang membedakan perusahana itu dari perusahaan lainnya.

-selesai-