Find Us On Social Media :

10 Hal yang Sering Dirahasiakan Atasan (2)

By Ade Sulaeman, Senin, 10 November 2014 | 08:00 WIB

10 Hal yang Sering Dirahasiakan Atasan (2)

Intisari-Online.com - Tidak semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan perusahaan bisa secara lugas didiskusikan atau disampaikan oleh atasan pada anak buahnya. Berikut ini lima dari 10 hal yang sering dirahasiakan atasan:

* Aroma tubuh

Salah satu hal paling “sensitif” dan sulit untuk dikomunikasikan secara terbuka adalah keluhan mengenai karyawan yang memiliki aroma tubuh kurang sedap.

* Keluhan

Jangan mengutarakan masalah pada atasan kalau Anda tidak memiliki ide dan solusi untuk memperbaikinya. Atasan tidak akan mengatakan secara langsung bahwa Anda kurang mampu dalam menghadapi konflik, tapi hal ini pasti menjadi catatan untuk penilaian kerja Anda.

* Anda pantas mendapatkan kenaikan gaji

Hal yang sering dirahasiakan atasan berikutnya terkait dengan kelayakkan Anda untuk menerima kenaikan gaji. Anda merasa usaha dan kinerja yang telah Anda berikan pada perusahaan pantas dihargai dengan kenaikan gaji. Untuk hal ini, bicarakan pada atasan karena mereka tidak akan mengajukan promosi atau kenaikan gaji pada manajemen selama Anda tidak meminta.

* Sikap dan prinsip

Atasan Anda tidak akan mengajarkan Anda untuk memiliki prinsip dan sikap terhadap hal-hal yang sebenarnya kurang berkenan. Jika Anda merasa beban kerja terlalu tinggi dan cenderung kurang adil, selesaikan dulu baru komunikasikan hal ini pada atasan agar kelak tidak terjadi masalah serupa. Cara ini menunjukan Anda menghargai diri sendiri dan juga atasan.

* Anda harus mengundurkan diri

Apakah Anda merasa kinerja Anda menurun dan tidak cemerlang? Nah, selama penurunan kinerja ini tidak mempengaruhi perusahaan secara finansial, maka sadar saja bahwa atasan kurang puas dengan performa kerja Anda. Sebab, mereka tidak secara tegas mengatakan Anda harus segera mengundurkan diri.

Itulah lima dari 10 hal yang sering dirahasiakan atasan. (kompas.com)