Find Us On Social Media :

Ini Cara Menjadi Pemimpin yang Menginspirasi (1)

By Birgitta Ajeng, Rabu, 12 November 2014 | 09:00 WIB

Ini Cara Menjadi Pemimpin yang Menginspirasi (1)

Intisari-Online.com - Di balik tim yang kuat pasti ada pemimpin yang hebat. Namun menjadi pemimpin bukan perkara mudah, terlebih menjadi pemimpin yang mampu menginspirasi. Yuk, kembangkan kemampuan untuk menjadi pemimpin yang menginspirasi lewat beberapa cara berikut ini.

1. Kualitas diri

Menjadi seorang pemimpin berarti Anda harus mempunyai kualitas diri yang baik. Lebih dari itu, cara bersikap dengan mempertimbangkan begitu banyak aspek pun harus diperhatikan dengan matang.

Maka bila ada yang beranggapan bahwa masuk ke level lebih atas itu lebih enak dan mudah, tentu salah besar.

Pasalnya, seorang pemimpin adalah pihak yang semestinya memiliki jalan keluar saat anggota tim mengalami kendala dan tidak berhasil menemukan jalan keluar. Otomatis, seorang pemimpin perlu selalu meningkatkan kualitas diri dengan belajar, memperhatikan tren yang berlangsung, mengenal karakter tim, serta mempelajari apa saja yang dilakukan kompetitor.

2. Memaksimalkan komunikasi dengan bawahan

Dalam mengembangkan kualitas tim, seorang pemimpin perlu melibatkan pemikiran seluruh anggota. Jangan ragu untuk memaksimalkan komunikasi dengan bawahan atau khawatir untuk meminta pendapat. Jangan terlalu arogan untuk selalu menutup telinga dari masukan atau kritikan bawahan.

Dimulai dari membuka mata dan telinga terhadap begitu banyak cara pandang, maka preferensi seorang pemimpin akan lebih luas dan kemampuan untuk membuat keputusan pun lebih terasah.

3. Tambah skill

Jika bekerja di bidang pemasaran, misalnya, sudah selayaknya Anda sebagai pemimpin menguasai seluk-beluk bidang pekerjaan yang Anda geluti. Namun jika terus berkutat di bidang yang sama, lantas apa kelebihan Anda dibandingkan karyawan yang lain?

Maka selain mempertajam pengetahuan dan wawasan seputar bidang pekerjaan, coba juga untuk mulai mempelajari bidang lain yang berkaitan dengan spesialisasi Anda. Misalnya memperkaya diri dengan pengetahuan seputar dunia digital yang bisa membantu proses pemasaran atau sebagai inovasi metode pemasaran terbaru.

Nah, itu tadi beberapa cara menjadi pemimpin yang menginspirasi. Semoga bermanfaat.

(Sumber: Tabloid NOVA)

-bersambung-