Find Us On Social Media :

Ini Tips untuk Menghadapi Pewawancara Kerja Tipe Investigator

By Birgitta Ajeng, Jumat, 21 November 2014 | 07:00 WIB

Ini Tips untuk Menghadapi Pewawancara Kerja Tipe Investigator

Intisari-Online.com - Sebelum kita menghadapi wawancara kerja, perlu diketahui terlebih dulu bahwa ada beberapa tipe pewawancara kerja, salah satunya adalah tipe investigator. Biasanya tipe ini akan memberi pertanyaan bertubi-tubi seperti sedang dalam kondisi sidang. Tipe pewawancara seperti ini tidak ingin percakapan yang santai seperti yang disukai tipe pertama. Jauh sebelum kita datang, mereka sudah menyiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada kita. Berikut ini adalah tips untuk menghadapi pewawancara kerja tipe investigator.

1. Tenangkan diri sebelum masuk ruang wawancara karena dengan begitu kita bisa lebih berhati-hati dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara.

2. Jangan defensif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara karena mereka biasanya hanya melihat bagaimana kita melatih emosi dan mental kita saja.

3. Fokus pada jawaban yang akan kita berikan. Jangan terobsesi untuk memikirkan reaksi dan pewawancara karena hal tersebut percuma. Mereka tidak akan menunjukkan rasa ketertarikan dengan jawaban kita meski jawabannya bagus.

4. Pewawancara tipe ini ingin mendengar jawaban kita dan melihat bagaimana kita bisa menguasai diri. Jadi, tetap dengarkan degan baik pertanyaan yang disampaikan, lalu jawablah pertanyaan tersebut dengan baik dan tepat.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menghadapi pewawancara kerja tipe investigator. Semoga bermanfaat.