Find Us On Social Media :

Setelah Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaannya Pada 1945, Bagaimana Eksistensi Kebudayaan-Kebudayaan yang Sudah Ada Sebelumnya?

By Afif Khoirul M, Kamis, 8 Juni 2023 | 06:55 WIB

Ilustrasi - Kebudayaan Indonesia.

Intisari-online.com - Dalam soal PKN kelas X halaman 141 memuat soal berjudul "

Menurut informasi yang saya temukan di internet, kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945 adalah, seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah berada di Indonesia.

Kebudayaan-kebudayaan tersebut mencakup beragam suku bangsa dan budaya yang beragam seperti tarian daerah, pakaian adat, dan rumah adat.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 1945, eksistensi kebudayaan-kebudayaan tersebut tetap terjaga dan dihormati sebagai bagian dari identitas nasional atau jati diri bangsa.

Kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah "puncak-puncak dari kebudayaan daerah".

Kebudayaan nasional bisa juga berarti sifat wutuhnya bangsa, teristimewa mengenai tingkatan atau derajat kemanusiaannya, baik lahir maupun batin.

Soal: Apa yang dilakukan terhadap kekayaan budaya bangsa Indonesia setelah kita menghargainya?

Jawaban:

Kekayaan budaya bangsa Indonesia adalah bagian dari warisan budaya suatu kelompok atau masyarakat yang bisa berupa situs arkeologi, perpustakaan, museum, karya seni, kain batik, kesenian wayang kulit, pencak silat, keris, angklung, tari saman, tari kecak, tari reog ponorogo, candi borobudur dan lain-lain.

Kekayaan budaya tersebut telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia.