Find Us On Social Media :

Ini Tips Menghadapi Konflik di Kantor

By Birgitta Ajeng, Jumat, 21 November 2014 | 12:00 WIB

Ini Tips Menghadapi Konflik di Kantor

Intisari-online.com - Kehidupan di kantor yang penuh warna rasanya kurang sempurna jika belum mengalami yang namanya office conflict. Saat dua rekan di dekat kita saling mendiamkan karena berbeda pandangan, bahkan bertengkar secara terbuka di hadapan Anda dan rekan lainnya, tentunya cukup menegangkan untuk disaksikan. Kalau sudah begini, jangan sampai kita terlibat lebih jauh dalam masalah itu. Berikut ini tips menghadapi konflik di kantor dengan bijaksana dan tarik pelajaran untuk diri kita sendiri.

1. Tetaplah di posisi netral

Jangan memihak siapa pun. Pastikan Anda menekankan pada rekan tersebut bahwa kita tidak mendukup siapa pun. Kalau perlu lakukan berkali-kali di saat Anda berdua sedang bicara. Pastikan rekan tersebut tak datang dan datang lagi pada Anda. Ini hanya membuat posisi Anda tak netral lagi di depan orang banyak.

2. Jangan beambisi menjadi juru damai

Jangan beambisi menjadi juru damai antara mereka yang bermasalah. Bisa-bisa Anda malah dinilai memihak salah satu pihak. Bicaralah pada rekan jika ia yang datang duluan pada Anda. Tapi jika tak ada yang minta nasehat Anda, lebih baik kerjakan saja tugas Anda di kantor. Jangan mengurusi yang bukan urusan Anda!

3. Hindari memberi solusi

Anda bisa berbagi cerita tentang pengalaman Anda saat berhadapan dengan masalah yang hampir serupa. Anda juga bisa berkomentar singkat, yang tak bermaksud untuk menjatuhkan siapa-siapa. Komentar itu bisa berupa pernyataan simpati Anda terhadap masalah yang dihadapi rekan. Setelah itu, biarlah rekan Anda menyelesaikan semua itu sendiri. ini bagian dari proses belajarnya!

Nah, itu tadi tips menghadapi konflik di kantor dengan bijaksana dan tarik pelajaran untuk diri kita sendiri. Semoga bermanfaat.