Find Us On Social Media :

Bekal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pensiun

By Birgitta Ajeng, Rabu, 3 Desember 2014 | 17:00 WIB

Bekal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pensiun

Intisari-Online.com - Kebahagiaan atau kesedihan yang diperoleh seseorang ketika pensiun sangat dipengaruhi persiapan dan kesiapan jauh hari sebelum pensiun tiba. Hasil penelitian Universitas Michigan yang meneliti para pensiunan menunjukkan bahwa sebanyak 75 persen pekerja yang membuat persiapan sebelumnya akan menikmati masa pensiunnya dibandingkan 25 persen lainnya yang tidak membuat persiapan. Meskipun setiap individu memiliki persiapan dan kesiapan pensiun yang berbeda, mereka perlu memiliki kesiapan yang mendasar. Berikut ini bekal yang perlu dipersiapkan menjelang pensiun.

1. Kesiapan materi finansial

Ketersediaan sejumlah bekal pendukung berupa tabungan, asuransi, simpanan aset, dan kegiatan usaha - selain penghasilan bulanan pensiun. Bekal ini dikumpulkan sejak awal bekerja dan terprogram sehingga dapat memenuhi kebutuhan biaya hidup sekeluarga.

2. Kesiapan fisik

Kesehatan fisik yang senantiasa terpelihara dengan menjalankan pola hidup yang benar. Walaupun kesehatan tubuh bukan segala-galanya, tetapi bila dirundung penyakit, segala-galanya menjadi tidak berarti apa-apa.

Kesehatan yang dimiliki pada masa lansia adalah berkat pemeliharaan kesehatan yang sudah dilakukan secara terus-menerus semenjak masa muda.

3. Kesiapan mental dan emosi

Kekuatan dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Kehilangan pekerjaan, perubahan status, dan kehilangan kemapanan tentunya tetasa cukup menyakitkan. Hal ini tidak dapat diatasi dengan berapa pun banyaknya kekayaan kelimpahan materi.

Perlu tenggang waktu sementara untuk meredam tekanan batin dan pengendalian emosi beberapa bulan setelah pensiun, karena inilah saat yang sangat sensitif bagi pensiunan pemula. 

Mempersiapkan dan menyiapkan seluruh anggota keluarga untuk menyesuaikan gaya hidup baru yang jauh berbeda.

Persiapan apa dan bagaimana dikaitkan dengan penentuan apa yang ingin diraih ketika pensiun dan bagaimana cara mencapai tujuan. Tanpa tujuan jelas, seseorang hanya akan berputar-putar tidak menentu atau tersesat di tengah perjalanan. Keempat bekal yang perlu dipersiapkan menjelang pensiun.