Find Us On Social Media :

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Siap Menghadapi Masa Pensiun dan PHK

By Birgitta Ajeng, Rabu, 3 Desember 2014 | 16:00 WIB

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Siap Menghadapi Masa Pensiun dan PHK

Intisari-Online.com - Masa-masa pensiun atau PHK mungkin menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang kemudian menjadi kalah, bahkan semakin terpuruk ketika menerima kenyataan bahwa dirinya ternyata sudah tidak bekerja di kantor. Berikut ini adalah lima hal yang perlu dilakukan agar siap menghadapi masa penisun dan PHK.

1. Tetap tenang dan jangan panik

Tetaplah tenang dan milikilah mental atau pemikiran bahwa pasti masih ada jalan lain di balik PHK. Pada dasarnya, PHK tidak sepenuhnya berdampak buruk bagi kita. Banyak orang-orang yang sudah lebih dulu PHK menjadi lebih sukses.Tanamkan pemikiran bahwa PHK atau pensiun bukan akhir dari segalanya.

2. Mengurangi kebiasaan konsumtif

Ketika masih bekerja, mungkin kita memiliki pola pengeluaran tertentu setiap bulan. Misalnya, kita sudah memiliki anggaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari, pakaian, atau pengeluaran untuk menekuni hobi yang butuh biaya cukup mahal.

Ketika memasuki masa PHK/pensiun, tentunya seluruh pengeluaran di atas tidak lagi bisa kita penuhi. Sehingga kita harus belajar untuk mengurangi kebiasaan konsumsif, membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.

3. Mengubah gaya hidup

Saat memasuki masa PHK atau pensiun, gaya hidup mewah dan mahal yang kita terapkan selama masih bekerja perlu ditinggalkan. Jangan malu dan gengsi untuk melakukannya. Sebab kondisi keuangan saat bekerja dan ketika pensiun sudah berubah. Kita perlu menyesuaikan diri dengan mencoba mengubah gaya hidup.

4. Siap menerima pekerjaan apa pun

Asalkan halal dan tidak merugikan orang lain, apa salahnya kalau kita coba menerima pekerjaan yang ada. Akan lebih baik lagi bila pekerjaan itu sesuai dengan kompetensi kita. Sikap mental menerima segala pekerjaan (yang halal dan tidak merugikan orang lain) akan menjadi penolong untuk keluar dari keterpurukan.

5. Lakukan hobi untuk meredakan stres

Masa-masa awal setelah pensiun atau PHK membuat tekanan yang cukup berat. Ada baiknya, segala bentuk emosi negatif bisa disalurkan dengan baik, entah itu melakukan hobi atau aktivitas menyenangkan lainnya.

Nah, itu tadi lima hal yang perlu dilakukan agar siap menghadapi masa penisun dan PHK. Semoga bermanfaat.