Find Us On Social Media :

Dibanding Menikah, Saat Ini Wanita Muda Lebih Mengutamakan Karier

By Monalisa Darwin D, Kamis, 22 Januari 2015 | 08:00 WIB

Dibanding Menikah, Saat Ini Wanita Muda Lebih Mengutamakan Karier

Intisari-Online.com - Seakan tidak mau kalah dengan pria, wanita di zaman sekarang pun makin giat mengejar karier. Bahkan dibanding menikah, wanita muda lebih mengutamakan karier mereka. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei dari Pew Research Centre yang mengatakan bahwa saat ini wanita muda lebih mengutamakan karier daripada tuntutan menikah.

Survei Pew Research Centre ini tidak menyebutkan jumlah respondenya, namun dinyatakan sebanyak 66% wanita muda yaitu berusia 18 hingga 34 tahun memilih untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi dan menunda pernikahan. Dan responden pria yang mengungkapkan hal yang sama hanya 59%.

Padahal, pada tahun 2010 dan 2011, survei yang sama dilakukan dengan hasil 56% wanita muda yang memilih karier daripada berumahtangga dan 58% pria dengan jawaban yang sama. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan bahwa di zaman sekarang, wanita muda lebih mengutamakan karier.

Tiga puluh tujuh persen wanita menjawab pertanyaan mengenai seberapa besar keinginan mereka untuk menikah dan mereka mengatakan bahwa menikah adalah sebuah agenda setting dalam kehidupan dan pria yang ingin menikah sebanyak 29%.

Selain itu, 59% wanita muda menuturkan bahwa mereka ingin menjadi orangtua yang dapat dihormati anak-anaknya, namun mereka khawatir jika mereka menikah apakah mereka mampu menjadi orangtua yang baik. Hal yang sama ditanyakan kepada pria dan hasilnya adalah sebanyak 47%.

Dan dari setiap pilihannya, pasti ada alasan tersendiri mengapa wanita muda lebih mengutamakan karier dalam hidup mereka terlebih di zaman sekarang. Mungkin para wanita muda ini merasa lebih bebas jika ingin berbelanja karena dari hasil kerja sendiri. Lalu bagaimana dengan pilihan Anda? (kompas.com)