Find Us On Social Media :

CircularCityProject Diluncurkan oleh SayaPilihBumi sebagai Solusi untuk Mengurangi Sampah

By Ade S, Jumat, 26 Mei 2023 | 13:32 WIB

SayaPilihBumi meluncurkan CircularCityProject, sebuah inisiatif untuk menerapkan ekonomi sirkular dan mengurangi sampah dari konsumsi berlebihan.

Intisari-Online.com - Kebiasaan masyarakat yang suka mengonsumsi barang-barang secara berlebihan telah memberikan pengaruh yang besar terhadap ekosistem.

Banyak barang-barang yang dibeli masyarakat akhirnya menjadi sampah di tempat pembuangan dan dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, seakan-akan sampah dari konsumsi tidak pernah habis.

Indonesia terus berusaha untuk mengurangi produksi sampah dari barang-barang plastik di Indonesia dengan menargetkan pengurangan sampah hingga 70% pada 2025 diharapkan dapat terwujud.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan pendekatan ekonomi sirkular.

Ekonomi sirkular adalah sebuah konsep untuk memperpanjang umur dari suatu produk dan sumber daya agar dapat digunakan sebanyak mungkin dengan cara menggunakan kembali atau mendaur ulang sampah menjadi suatu produk baru yang berguna.

Dengan ekonomi sirkular, kita dapat melakukan lebih banyak dengan menggunakan lebih sedikit.

“Kita sedang memasuki era di mana apapun yang kita lakukan hari ini akan berdampak langsung terhadap tatanan Bumi. Berkehidupan, manusia terus berjalan dan berkembang dengan segala macam kebutuhannya. Perubahan perilaku manusia menjadi konsumen yang berkesadaran menurut saya adalah salah satu bentuk perubahan yang sangat mungkin kita segarakan. Tidak ada perubahan yang terlalu kecil, perubahan apapun saya percaya akan membawa dampak bagi masa depan Planet ini. Saya Pilih Bumi!” imbuh Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia.

Untuk mendorong ekonomi sirkular dan menjadi solusi perubahan terhadap permasalahan sampah di Indonesia, SayaPilihBumi berinisiasi mengembangkan sebuah gerakan bernama CircularCity Project.

Yaitu, sebuah gerakan yang bergerak untuk meminimalisir sampah dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada.

Sehingga, tak ada sumber daya yang terbuang. Project ini berkaitan erat dengan sistem ekonomi karena melibatkan bagaimana sebuah produk diproduksi dan dikonsumsi kembali.

Sebagai langkah awal dari komitmen SayaPilihBumi untuk mendorong ekonomi sirkular, SayaPilihBumi akan mengadakan soft launching CircularCity Project dengan menghadirkan program Jersey Reborn.

Jersey Reborn merupakan program donasi jersey lama layak pakai untuk kemudian diolah kembali menjadi barang baru yang bermanfaat.